Nasional

Tangki Kilang Pertamina di Cilacap Terbakar, Petugas Berjibaku Padamkan Api

apahabar.com, JAKARTA – Tangki kilang PT Pertamina UP IV Cilacap, Jawa Tengah, terbakar, Sabtu (13/11) malam….

Featured-Image
Tangki kilang Pertama di Cilacap terbakar, Sabtu (13/11) malam. Foto-Twitter

bakabar.com, JAKARTA – Tangki kilang PT Pertamina UP IV Cilacap, Jawa Tengah, terbakar, Sabtu (13/11) malam. Saat ini petugas tengah berjibaku memadamkan api.

“Saat ini tim pemadam kebakaran Pertamina tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman di area tanki yang mengalami kebakaran,” kata Corporate Secretary Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya dalam keterangan dilansir Antara, Sabtu malam.

Ifki menjelaskan pihaknya sedang melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman.

Kendati demikian, ia masih belum bisa merinci peristiwa kebakaran tersebut.

Ia juga belum bisa memastikan sampai mana penanganan kebakaran tersebut. “Kami sedang menunggu informasi lanjut dari Cilacap. Nanti kami infokan,” ujar Ifki.

Dilansir tempo, pernyataan Ifki mengkonfirmasi beredarnya video pendek yang memperlihatkan kebakaran terjadi di kompleks kilang Pertamina Cilacap.

Salah satu warganet membagikan video pendek berdurasi 13 detik lewat akun Twitter @afriqh_s. “Pertamina cilacap tersambar petir 3.6,” tulisnya.

Ada juga video pendek dengan angle berbeda yang dibagikan oleh @HenryKrijgsman.

“Baru saja ada kejadian tangki minyak meledak di Pertamina Cilacap, menurut warga sekitar pemicunya karena tersambar petir,” tulisnya.

Sebelumnya, pada lima bulan lalu, salah satu tangki yang berisi benzene milik Pertamina di Kilang Cilacap, Jawa Tengah, terbakar.

Kebakaran terjadi pada Jumat, 11 Juni 2021, pukul 19.45 WIB, dan pada pukul 21.15 WIB, tim sudah berhasil mengendalikan kebakaran tersebut.

Kala itu, Pertamina memastikan warga yang tinggal di wilayah Kilang Cilacap tak terdampak kebakaran.

Kebakaran terjadi di salah satu area tangki penyimpanan yang titiknya berada di dalam kompleks kilang dan jauh dari permukiman warga.

“Lokasi area tangki yang terbakar berada jauh dari permukiman warga,” tutur Area Manager Communication, Relations, dan CSR, Kilang Pertamina Cilacap Hatim Ilwan dalam keterangannya, Sabtu, 12 Juni 2021.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari.

Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.



Komentar
Banner
Banner