Nasional

Tamu VIP Tak Diistimewakan, Begini Kesiapan Logistik dan Pengamanan Haul Ke-19 Guru Sekumpul

Persiapan logistik Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul sudah mulai berjalan. Tamu VIP diperlakukan sama. 

Featured-Image
Jemaah meninggalkan Martapura selepas usainya Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Minggu (29/1). Foto-dol.apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, BANJARBARU - Persiapan logistik Haul ke-19 Guru Sekumpul sudah mulai berjalan. Tamu VIP diperlakukan sama. 

Hal itu disampaikan Komandan Kodim 1006/ Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring. Katanya, meski waktu pelaksanaan haul belum ditentukan, namun persiapan logistik hingga pengamanan menjadi atensi. 

"Untuk kesiapan, kita logistik haul sampai saat ini distribusinya sudah berjalan semisal kayu bakar dan lain - lain," katanya, Selasa (2/1/2023). 

Sedang terkait kemungkinan hadirnya tamu VIP dalam hal ini pejabat masih belum bisa dipastikan dikarenakan belum ditetapkannya waktu pelaksanaan haul. 

"Untuk keamanan sendiri kita memonitor dan mengantisipasi jika nanti ada tamu VIP yang mungkin hadir. Ini kita pantau terus. Kalau kesiapan, tentu kami siap," tegasnya. 

Dibeberkannya, dalam rakor terakhir di Pemkab Banjar. Pihak keluarga Guru Sekumpul mengatakan jika tidak ada keistimewaan terhadap tamu VIP. 

"Mereka juga tidak mengundang dan tidak memberikan perlakuan khusus terhadap pejabat," sambungnya. 

Meski demikian untuk tamu VIP yang menjadi tanggung jawab TNI, sebutnya akan dilayani sesuai Standar Operasional Prosedur yang berlaku. 

"SOP sesuai porsinya masing-masing. Nanti bagaimana pelaksanaannya, bagaimana baiknya. Kita akan melihat dinamika perkembangan situasi sehingga rakor - rakor lanjutan tetap akan kita laksanakan," pungkasnya. 

Seperti diketahui, Haul ke-19 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani jatuh pada 5 Rajab 1445 Hijriah, bertepatan Rabu 17 Januari 2024.

Sebelumnya, Relawan Posko Induk Sekumpul, Abdel Rahman Ramadan mengatakan jika hingga saat ini belum diumumkan secara resmi kapan haul dilaksanakan.

Karena 5 Rajab bertepatan pada Rabu 17 Januari, sehingga katanya ada kemungkinan dimajukan ke 14 Januari atau dimundurkan ke 21 Januari. Sebab Haul akan dilaksanakan pada kegiatan rutin malam Senin (Minggu malam).

Editor


Komentar
Banner
Banner