DPRD Tanah Bumbu

Ketua DPRD Tanbu Gelar Peringatan Haul ke 19 Guru Sekumpul

Ketua DPRD Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani, melaksanakan peringatan haul ke 19 Guru Sekumpul.

Featured-Image
Ketua DPRD Tanah Bumbu peringati haul Guru Sekumpul. Foto-Humas DPRD Tanbu.

bakabar.com, BATULICIN - Dalam masyarakat Kalimantan Selatan, perayaan Haul Abah Guru Sekumpul merupakan bentuk cinta dan kasih sayang masyarakat setempat untuk memperingati wafatnya Tuan Guru Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari.

Kegiatan seperti ini pun merupakan agenda tahunan yang digelar, di tahun 2024 sendiri, ini sudah menjadi Haul ke-19 Guru Sekumpul yang beberapa waktu lalu digelar secara Akbar dan berlokasi di Martapura, Kalimantan Selatan.

Lantas, di Tanah Bumbu sendiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani tak mau ketinggalan demi mendapatkan berkah dan karomah dari Guru Sekumpul.

Secara pribadi, dirinya beserta keluarga besar juga menggelar haulan di kediamannya di Kecamatan Simpang Empat, Senin (22/01/24) malam.

“Haul keluarga besar sekaligus haul guru Sekumpul,” ungkap Ketua DPRD Tanah Bumbu dalam akun officialnya, di media sosial Instagram.

Bagi sosok muda Tanah Bumbu yang kerap disapa Bang Ketua ini, sosok KH. Zaini Abdul Ghani memiliki pengaruh yang luar biasa.

Semasa hidup, pengajian yang diadakannya selalu ramai oleh jamaah, tidak hanya dari Kalimantan tetapi juga dari pulau Jawa, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Prestasinya mencakup berbagai lapisan masyarakat, dari pejabat hingga seniman, seperti Gus Dur, Megawati Soekarno Putri, Amien Rais, hingga Aa Gym, yang pernah mengunjungi kediaman spiritualis ini.

Ketenarannya yang merata dan pengikut yang tersebar membuat makam Guru Ijai menjadi tempat tujuan ziarah yang diminati, terutama saat peringatan haulnya yang diadakan setiap tahun, di mana ratusan ribu orang memadati Komplek Sekumpul untuk menghormati dan merayakan warisan spiritualnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner