Nasional

Diisi Dokter Spesialis, 100 Posko Kesehatan Disediakan di Haul Ke-19 Guru Sekumpul

100 posko kesehatan disediakan di berbagai titik strategis, untuk melayani Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul, Minggu (14/1/2024)

Featured-Image
Salah satu posko rujuan kesehatan berada di simpang empat sekumpul samping toko Al-Zahra. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - 100 posko kesehatan disediakan di berbagai titik strategis, untuk melayani Jemaah Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul, Minggu (14/1/2024).

Rinciannya, 21 posko di antaranya adalah posko rujukan kesehatan. Posko ini didirkan pihak rumah sakit. Adapun 79 lainnya, yaitu posko pelayanan kesehatan reguler.

Tiap posko, diisi 10 sampai 20 petugas kesehatan, lengkap beserta berbagai peralatan penunjang. Buka sejak kemarin hingga Senin besok.

"Di posko rujukan, isinya ada dua sampai tiga dokter umum, ditambah dokter spesialis, san sejumlah perawat, bidan, apotiker, dan lainnya," ujar Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Banjar, H Subhan.

Haul Abah Guru Sekumpul
Relawan di posko rujukan kesehatan 02 sedang melayani jemaah yang mengeluh sakit, Minggu (14/1) siang. foto-bakabar.com/Hendra Lianor

Untuk dokter spesialis, kata Subhan, akan diisi dokter spesialis anestesi dan spesialis penyakit dalam.

"Karena dokter spesialis ini jumlahnya terbatas, sehingga minimal dalam posko rujukan itu ada dua atau tiga dokter umum," kata Subhan.

Adapun posko kesehatan reguler, minimal diisi satu orang dokter umum dibantu perawat, bidan, apotiker dan lainnya.

"Posko kesehatan ini bertujuan melayani jemaah secara cepat. Sehingga tidak perlu ke rumah sakit langsung, kecuali memang sangat darurat dan di posko tidak bisa mengcover," pungkasnya.

Berikut sebaran dan nomor kontak posko kesehatan:

Posko kesehatan haul
Posko kesehahan
Posko
Posko
Posmo
Editor


Komentar
Banner
Banner