Nasional

Susunan Acara Haul ke-19 Guru Sekumpul, Ada Pemutaran Ceramah hingga Maulid Habsyi

Jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya, susunan 'acara' haul Guru Sekumpul kali ini tidak berubah. 

Featured-Image
Jemaah haul usai salat magrib berjemaah. Foto: apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya, susunan 'acara' haul Guru Sekumpul kali ini tidak berubah.

Dimulai dengan salat asar berjamaah, acara dilanjutkan dengan pemutaran rekaman ceramah Guru Sekumpul yang dilanjutkan dengan salat magrib berjemaah.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan maulid habsy, tahlil, pembacaan doa Abah Guru Sekumpul, dan diakhiri dengan salat isya berjemaah.

Ini merupakan rangkaian kegiatan yang tak pernah berubah sejak haul pertama kali diadakan hingga haul sekarang yang diikuti jutaan jemaah.

Baca Juga: Lautan Jemaah Sekumpul di Martapura, Jalan Ahmad Yani Jadi Hamparan Sajadah

Sementara itu, dari Musala Ar Raudhah Sekumpul, jemaah membludak sampai ke Bundaran Simpang Empat Banjarbaru.

Q Mall Banjarbaru sebagai pusat perbelanjaan juga berubah menjadi tempat jemaah. Kapolda Kalsel memperkirakan jemaah yang datang lebih dari dua juta orang.

Saat haul berlangsung, arus lalu lintas pun sebagian ditutup dan dialihkan. Sepanjang ruas Jalan Ahmad Yani, dari Bundaran Banjarbaru hingga ke depan Ponpes Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar, ditutup total untuk pengendara.

Baca Juga: Satu Jemaah Sekumpul Meninggal Dunia, Diduga Sakit Jantung

Saat ini, pukul 19.07 Wita, pembacaan maulid habsy dari Musalah Ar-Raudah sudah dimulai. Jutaan jemaah yang hadir nampak khusyuk.

Sementara untuk arus balik menuju Banjarmasin, Polres Banjarbaru menerapkan sistem one way atau satu arah.Hal itu untuk memperlancar arus balik dan agar tidak terjadi kemacetan panjang.

"Kami meminta kepada jemaah agar mengikuti arahan petugas supaya memudahkan bagi semua," singkat Kasat Lantas Polres Banjarbaru, AKP Edwin WD Putra.

Editor


Komentar
Banner
Banner