News

Tambah Lagi, Korban Tewas Tragedi Halloween Itaewon Jadi 154 Orang!

Korban tewas akibat tragedi di pesta malam Halloween di Kawasan Itaewon, Korea Selatan, kembali bertambah. Kini, 154 orang dinyatakan tewas, 26 di antaranya mer

Featured-Image
Korban Tragedi Halloween Itaewon Kembali Bertambah, Kini Jadi 154 Orang. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Korban tewas akibat tragedi di pesta malam Halloween di Kawasan Itaewon, Korea Selatan, kembali bertambah. Kini, 154 orang dinyatakan tewas, 26 di antaranya merupakan warga asing.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan melaporkan bahwa puluhan warga asing yang menjadi korban itu berasal dari 14 negara.

Ia juga menegaskan akan mengerahkan sejumlah upaya untuk membantu keluarga warga asing yang menjadi korban tragedi.

Baca Juga: 7 Penyebab Henti Jantung, 154 Orang di Itaewon Diduga Meninggal Karenanya!

Sebagaimana diketahui, tragedi ini bermula saat warga mulai memadati kawasan Itaewon menggunakan sejumlah kostum horor.

Mereka sangat antusias lantaran ini merupakan perayaan Halloween perdana usai terhalang pandemi COVID-19 selama tiga tahun.

Sejumlah orang yang sudah berada di bagian atas jalan terjatuh, menimpa pengunjung di bawahnya. Lantaran hal tersebut menyebabkan kepanikan hingga pengunjung saling menginjak.

Petugas keamanan pun sampai harus bersusah payah menarik sejumlah orang dari kerumunan lantaran kondisinya sangat penuh.

Baca Juga: 7 Fakta Tragedi Itaewon

Dari situasi tersebut, ratusan orang sudah terkapar di jalanan akibat henti jantung, beberapa pengunjung dan petugas langsung melakukan CPR (cardiopulmonary resuscitation) sebagai pertolongan pertama.

Melansir DetikHealth pada Senin (31/10), Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Siloam, dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, beberapa waktu lalu menjelaskan, henti jantung adalah kondisi jantung yang tidak memompa secara efektif untuk mengalirkan darah ke pembuluh darah sistem tubuh.

Adapun tanda-tanda seseorang mengalami henti jantung, seperti tiba-tiba pingsan atau tak sadarkan diri. Karenanya, dr Vito menyebut jika seseorang mengalami henti jantung penting untuk segera melakukan resusitasi jantung atau CPR sebagai pertolongan pertama.

"Bisa disebabkan karena serangan jantung, infeksi berat atau radang berat atau hal lainnya. Misalnya gangguan irama jantung fatal," ucapnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kronologi Tragedi Pesta Halloween yang Tewaskan Ratusan Orang di Itaewon

Editor


Komentar
Banner
Banner