Sport

Tak Ada Israel, Inilah 20 Peserta Piala Dunia U17 2023 di Indonesia

Perhelatan Piala Dunia U17 resmi digelar di Indonesia. Keputusan ini ditentukan lewat pertemuan FIFA Council yang berlangsung pada Jum'at (23/6) di markas FIFA

Featured-Image
FIFA Resmi tunjuk Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U17, Jum'at (23/6). (Foto: IG/FIFA)

bakabar.com, JAKARTA - Perhelatan Piala Dunia U17 2023 resmi digelar di Indonesia. Keputusan ini ditentukan lewat pertemuan FIFA Council yang berlangsung pada Jum'at (23/6) di markas FIFA, Zurich, Swiss. 

Sejauh ini, sudah ada 20 negara yang memastikan tampil di ajang paling bergengsi FIFA World Cup U17 mulai 10 November hingga 2 Desember mendatang. 

Masing-masing negara peserta berasal dari enam konfederasi yakni UEFA (Eropa), CONMEBOL (Amerika Serikat), CAF (Afrika), CONCACAF (Amerika Utara), OFC (Oseania) serta AFC (Asia). 

Negara peserta paling banyak hadir dari daratan Eropa dan Asia. Keduanya bakal mengirimkan lima wakilnya untuk tampil di Piala Dunia U17. 

Namun untuk Asia, empat tiket tersisa bakal diperebutkan lewat Piala Asia U-17 2023 sedang berlangsung di Thailand.

Saat ini ada delapan tim yang tengah berebut untuk bisa lolos ke semifinal sehingga bisa mendapat kesempatan tampil di ajang paling akbar pentas sepakbola usia dibawah 17 tahun tersebut.

Ada Iran vs Yaman, Thailand vs Korea Selatan, Jepang vs Australia, dan Arab Saudi vs Uzbekistan. Satu tiket lainnya dari Asia tentu sudah terisi oleh Indonesia sebagai tuan rumah yang secara otomatis langsung masuk ke fase grup. 

Sedangkan lima wakil dari benua biru yakni Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, dan Spanyol. Menariknya tidak ada Israel dari kelima tim dari Eropa yang lolos ke Piala Dunia U17. Sehingga hal ini membuat masyarakat Indonesia bisa bernafas lega. 

Pasalnya, kegagalan Indonesia yang sebelumnya ditunjuk sebagai tuan rumah dari Piala Dunia U20 dikarenakan hadirnya penolakan atas Tim Nasional (Timnas) Israel yang memastikan diri tampil di turnamen tersebut. 

Lalu untuk tiga konfederasi lainnya memiliki empat wakil yang akan tampil. Dari Afrika ada Burkina Faso, Mali, Maroko, dan Senegal menjadi wakil dari Afrika. Concacaf diwakili oleh Kanada, Meksiko, Amerika Serikat dan Panama. 

Sedangkan wakil dari Conmebol adalah Brasil yang merupakan juara bertahan, Argentina, Ekuador, dan Venezuela. Kemudian dari Oseania memiliki dua wakil, Selandia Baru dan New Caledonia.

Daftar 20 Tim Negara Peserta Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia :

1. Indonesia (Tuan rumah)
2. Inggris
3. Prancis
4. Jerman
5. Polandia
6. Spanyol
7. Argentina
8. Brasil
9. Ekuador
10. Venezuela
11. Burkina Faso
12. Mali
13. Maroko
14. Senegal
15. Kanada
16. Meksiko
17. Panama
18. Amerika Serikat
19. New Caledonia
20. Selandia Baru

Editor


Komentar
Banner
Banner