Piala Dunia U-17

Bima Sakti Pimpin Skuat Garuda di Piala Dunia U-17, Seleksi Tim Segera Dilakukan

Pelatih Tim Nasional (Timnas) U16, Bima Sakti resmi ditunjuk PSSI guna menangani Timnas U17 yang bakal tampil dalam perhelatan Piala Dunia U17 di Indonesia, Sab

Featured-Image
Pengurus PSSI saat konferensi pers soal Piala Dunia U17 di Jakarta, Sabtu (24/6) . (apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) U16, Bima Sakti resmi ditunjuk PSSI guna menangani Timnas U17 yang bakal tampil dalam perhelatan Piala Dunia U17 di Indonesia, Sabtu (24/6). 

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Ketua umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir dalam konferensi pers yang berlangsung di Menara Danareksa, Jakarta Pusat. 

"Kami (PSSI) saya rasa akan memberikan kesempatan kepada coach Bima. Kita perlu coach-coach muda," kata Ketum PSSI, Erick Thohir. 

Bima Sakti merupakan sosok pelatih yang sukses mengantarkan Timnas U16 menjuarai Piala AFF U16 yang saat itu dilangsungkan di stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Iqbal Gwijangge dan kolega kala itu mampu menuntaskan perlawanan Vietnam di final dengan skor 1-0. Kemudian Timnas U16 garapan Bima Sakti pun meneruskan langkah pada kualifikasi Piala Asia U17 2023 mulai 1 Oktober 2022. 

Saat itu, Garuda Asia berada di Grup B bersama Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab. Sayangnya, skuad Garuda Asia saat itu gagal lolos setelah ditumbangkan oleh Timnas Malaysia dengan skor 1-5. 

Namun kini kata Erick, skuad U17 Indonesia untuk Piala Dunia nanti akan dilakukan seleksi. Kemudian setelahnya, tim ini akan melakukan training camp (TC) sekaligus menjadi ajang seleksi untuk kembali menyaring skuat. 

Dua bulan kemudian barulah Timnas U17 bakal diterbangkan menuju Eropa guna melakoni pertandingan uji coba untuk mengetes kekuatan tim. 

"Jadi kita akan melakukan seleksi para u-16 dan U17 di sembilan wilayah. Setelah kita petakan, kita gabungkan. Nanti di bulan Juli-Agustus mulai TC (training camp) dan September-Oktober kita kirim ke luar negeri, untuk TC," tutur Erick. 

"Sehingga kita harapkan bisa ada beberapa pertandingan persiapan, baik dengan tentu negara-negara dari Eropa, Asia, Afrika, sehingga mereka tidak kaget waktu untuk persiapan di U-17 nanti, kejuaraan dunia," pungkasnya. 

Kepastian ditetapkannya Indonesia menjadi tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023 didapatkan melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6) petang.

Sejauh ini, FIFA masih mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner