pilpres 2024

Survei Poltracking: Anies Unggul di Tiga Provinsi di Pulau Jawa

Survei Poltracking Indonesia menempatkan Capres Partai NasDem, Anies Baswedan, unggul di tiga provinsi di Pulau Jawa

Featured-Image
Anies Baswedan menyalami pendukungnya pada deklarasi relawan IndonesiAnies rabu 2/11 di JCC Senayan Jakarta (Foto: Apahabar-BS)

bakabar.com, JAKARTA- Survei Poltracking Indonesia menempatkan Capres Partai NasDem, Anies Baswedan, unggul di tiga provinsi di Pulau Jawa. Tiga provinsi tersebut di antaranya DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Dengan demikian dari lima provinsi yang disurvei Poltracking Indonesia Anies hanya kalah di dua provinsi yaitu Jawa Tengah sekaligus DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menyatakan siapapun calon presiden yang memenangkan suara di dua dari tiga provinsi di pulau Jawa, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur akan menjadi pemenang.

Baca Juga: Survei Poltracking: Prabowo Tempati Posisi Tertinggi Menteri Paling Memuaskan

Hal itu mengingat Pulau Jawa merupakan kunci kemenangan pada setiap perhelatan pemilihan presiden (Pilpres). Sebab, 57,4 persen pemilik suara sah pada pemilu mendatang terpusat di Pulau Jawa. Sementara itu, di luar Pulau Jawa hanya 42,6 persen.

“Secara populasi itu memang (pemilih) menumpuk di pulau Jawa,” kata Yuda dalam “Rilis Temuan 5 Survei Provinsi di Pulau Jawa: Jawa Penentu Kemenangan?” yang disiarkan di YouTube Poltracking TV, dikutip Jumat (16/12)

Baca Juga: Survei Indikator: Pertarungan Ganjar vs Puan, Siapa Capres PDIP?

Lebih lanjut Hanta menjelaskan detail hasil survei yang dilakukan lembaganya pada periode 26 November-2 Desember 2022.

“Di DKI Jakarta, dalam simulasi 3 Capres terkuat, elektabilitas Anies Baswedan (49,6%), Ganjar Pranowo (27,5%), dan Prabowo Subianto (15,7%). Di Banten, dalam simulasi 3 capres terkuat, elektabilitas Anies Baswedan (47,6%), Prabowo Subianto (28,5%), dan Ganjar Pranowo (16,1%)," jelas Hanta.

Sementara itu di provinsi Jawa Barat, dalam simulasi 3 Capres terkuat, elektabilitas Anies Baswedan (36,3%), Prabowo Subianto (30,8%), dan Ganjar Pranowo (18,7%), ini masih kompetetitif" ujar Hanta.

Baca Juga: Survei Median: 'Kawinkan' Prabowo Sama Cak Imin Kalahkan Pasangan Anies & Ganjar Pranowo

Ia menambahkan, di provinsi Jawa Tengah, dalam simulasi 3 capres terkuat, elektabilitas Ganjar Pranowo (71,4%), Prabowo Subianto (10,8%), dan Anies Baswedan (9,0%).

"Di Jawa Timur, dalam simulasi 3 capres terkuat, elektabilitas Ganjar Pranowo (36,1%), Prabowo Subianto (25,5%), dan Anies Baswedan (19,6%)," lanjutnya.

Ia menyebut, angka elektabilitas di atas memberikan gambaran di DKI Jakarta dan Banten, Anies relatif lebih tinggi, terpaut di atas 19 persen dibandingkan kandidat lainnya.

Sementara di Jawa Barat, Anies relatif kompetitif, hanya terpaut 6 persen dengan Prabowo. Di Jawa Timur, Ganjar terpaut 11 persen dengan Prabowo.
"Sementara di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sangat signifikan perolehan elektbilitasnya, terpaut 60 persen dibandingkan kandidat lainnya," ujarnya.

Baca Juga: SMRC Kembali Melakukan Survei Soal Trend Elektabilitas Capres 2024

Sebagai informasi, survei ini dilakukan dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel pada setiap/masing-masing provinsi adalah 1.000 responden (DKI Jakarta 1.000 responden, Banten 1.000 responden, Jawa Barat 1.000 responden, Jawa Tengah 1.000 responden, dan Jawa Timur 1.000 responden) dengan margin of error +/- 3,1 persen pada setiap provinsi dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor


Komentar
Banner
Banner