Survei Pilpres 2024

Survei Poltracking: Prabowo Tempati Posisi Tertinggi Menteri Paling Memuaskan

Lembaga survei Poltracking menempatkan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto sebagai menteri yang kinerjanya paling memuaskan

Featured-Image
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Dw.com)

bakabar.com, JAKARTA- Lembaga survei Poltracking menempatkan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto sebagai menteri yang kinerjanya paling memuaskan dalam Kabinet Indonesia Maju bentukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

Dengan tingkat kepuasan mencapai angka 61.4 persen posisi Prabowo hanya terpaut tipis dengan menteri BUMN Erick Thohir yang mendapat angka 59.4 persen. Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyusul pada urutan ketiga dengan angka 57,7 persen. Kemudian, disusul Panglima TNI Andika Perkasa di peringkat keempat dengan angka 56,9 persen.

Baca Juga: Indikator Politik: Ganjar Pranowo Lebih Unggul Dari Anies dan Prabowo

Selanjutnya berdasarkan survei yang rilis pada Kamis (8/12) ini juga menempatkan ada Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan angka 54,7 persen. Setelah Risma, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani di peringkat keenam dengan persentase 53,4 persen.

Di sisi lain, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Riset dan Inovasi Laksana Tri Handoko, Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Halim Iskandar, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Azwar Anas, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, berada di peringkat enam terendah.

Baca Juga: Survei Median: 'Kawinkan' Prabowo Sama Cak Imin Kalahkan Pasangan Anies & Ganjar Pranowo

Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja keenam menteri/kepala lembaga tersebut berada di bawah 50 persen. Tingkat kepuasan terhadap kinerja Kapolri hanya berada di angka 49,4 persen dan Airlangga 48,7 persen.

Survei nasional ini diselenggarakan pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Prabowo: HMI Berperan Besar dalam Pertarungan Ideologi Masa Lalu

Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir, sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih.

Metode sampling ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat. Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak.

Editor


Komentar
Banner
Banner