Suga BTS

SUGA BTS Menangis di Konser D-DAY, Teringat Perjuangan Lawan Depresi

Suga BTS baru ini menyelesaikan tur nya dengan penuh emosional. Dia tak menahan air mata dan menangis jelang konser berakhir.

Featured-Image
SUGA BTS tidak bisa menahan air mata di konser terakhirnya sebelum mengikuti wamil. Foto: Twitter/7.bts update

bakabar.com, JAKARTA –  Suga BTS baru ini menyelesaikan tur nya dengan penuh emosional. Dia tak menahan air mata dan menangis jelang konser berakhir.

Suga, anggota BTS yang juga dikenal dengan nama panggung solonya, Agust D menyelesaikan tur solo selama tiga bulan pada hari Minggu dengan "D-DAY: The Final". konser terakhir tersebut diselenggarakan tiga malam di KSPO Dome di Seoul, Korea Selatan .

Rapper unggulan BTS tersebut melantunkan lagu demi lagu selama dua pertiga pertama konser. Dia juga menggandeng RM atau rekan bandnya yang merupakan pemimpin BTS, untuk segmen pendek, di mana yang terakhir membawakan lagu yang akan segera dirilis.

Selama dua hari, Suga menjalani apa  konser tatap muka terakhirnya selama bertahun-tahun karena dia akan segera memulai wajib militer. Tidak bisa menahan air mata akhirnya Suga melampiaskan kesedihannya selama 20 menit terakhir di konser hari Minggu.

Baca Juga: Setelah Debut 'Eight', Suga BTS & IU Kembali Berkolaborasi dalam D-Day

Melansir Insider, suga mulai menangis saat membawakan "Snooze", sebuah lagu yang didedikasikan untuk Ryuichi Sakamoto, komposer mendiang yang terkenal dengan "Merry Christmas, Mr. Lawrence," sebuah film perang tahun 1983 yang dibintangi oleh David Bowie. Dia mencoba untuk terus bernyanyi namun dirinya mulai tersedak di lirik "Because you too are just a human, like everyone else." atau “Karena kamu juga hanya manusia, seperti orang lain.”

SUGA BTS menangis saat membawakan lagu Snooze. Foto: Twitter/7.bts updates
SUGA BTS menangis saat membawakan lagu Snooze. Foto: Twitter/7.bts updates


Tapi yang lebih sulit untuk ditonton penggemar lama adalah lagu berikutnya, "Dear My Friend," sebuah lagu yang ditambahkan Suga ke daftar set D-DAY untuk tiga malam terakhir tur.

"Dear My Friend" berasal dari album Suga tahun 2020, "D-2". Liriknya tampak seperti surat untuk seorang teman bermasalah yang berjuang melawan kecanduan, yang dikunjungi Suga di penjara Seoul beberapa kali.

"Amygdala," menjadi lagu terakhir di setlist, tanpa turun dari panggung untuk istirahat, dia langsung melanjutkan penampilannya setelah mengatur napas. "Amygdala" adalah lagu yang sangat terbuka, menurut standar K-pop, di mana Suga berterus terang tentang depresi dan bunuh diri.

Berhasil membawakan lagu tersebut, Suga mendapat dukungan oleh sorak-sorai "Min Yoongi," atau nama asli Koreanya, yang menggema di seluruh stadion.

"Aku bukan tipe orang yang suka menangis," kata Suga saat siaran langsungnya pada hari Minggu. "Tapi anggota band saya ada di sana, dan senior saya juga datang. Sebelumnya, saya bermimpi saat menonton senior saya. Dan sekarang saya telah menjadi senior seseorang. 10 tahun berlalu. Dan saat itulah air mata datang,”ujarnya dikutip dari Insider.

Baca Juga: Menyusul Jungkook, V BTS segera Rilis Proyek Solo

Penggemar Suga mungkin harus menunggu beberapa saat untuk melihatnya lagi. Agensi band, Hybe, merilis siaran pers pada hari Senin untuk mengumumkan bahwa Suga akan memulai masa wajib militer selama 18 hingga 21 bulan. Di Korea Selatan, wajib militer adalah wajib bagi pria yang sehat secara fisik dari usia 18 hingga 35 tahun.

SUGA BTS akan menjalankan wamil. Foto: inewslife
SUGA BTS akan segera menjalankan wamil. Foto: inewslife
Belum jelas kapan tanggal pendaftaran Suga dimulai atau cabang angkatan bersenjata Korea Selatan mana yang akan dia ikuti.

Dua anggota BTS lainnya, Jin dan J-Hope, sudah menjalani wajib militer. BTS dijadwalkan untuk bersatu kembali pada tahun 2025 setelah ketujuh anggotanya menyelesaikan wajib militer mereka.
Editor


Komentar
Banner
Banner