Piala AFF U-23 2023

STY Ungkap Kunci Sukses Indonesia ke Final Piala AFF U-23 2023

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) mengungkapkan kondisi dan mental tim yang bagus menjadi kunci tim asuhannya mengalahkan Thailand pada laga sem

Featured-Image
Dua pemain timnas Indonesia U-23 Muhammad Haykal Alhafiz (kiri) dan Frengky Deaner Missa merayakan gol ke gawang Thailand di laga semifinal Piala AFF U-23, Kamis (25/8) malam. (foto: PSSI)

bakabar.com, JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) mengungkapkan kondisi dan mental tim yang bagus menjadi kunci tim asuhannya mengalahkan Thailand pada laga semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis malam.

Pasukan Garuda Muda mengamankan tiket final Piala AFF U-23 2023 usai menang 3-1 atas tim tuan rumah di Stadion Provinsi Rayong.

Selain memiliki persiapan yang singkat sebelum datang ke Thailand, Bagas Kaffa dkk juga memiliki periode pemusatan latihan yang pendek.

Namun, Shin Tae-yong mengatakan itu bukan menjadi masalah bagi Garuda Muda selama kondisi dan mental tim bagus.

Baca Juga: Hajar Thailand 3-1, Indonesia ke Final Piala AFF U-23 2023

"Hal yang paling penting dalam sepak bola adalah kondisi tim dan mental tim. Maka kami melakukan kerja sama tim dengan baik, mungkin itulah alasan mengapa kami bisa tampil bagus di fase ini," kata Shin Tae-yong.

Pada partai puncak, timnas U-23 akan berhadapan dengan raksasa Asia Tenggara lainnya, Vietnam.

Menghadapi Vietnam yang kerap menjadi batu sandungan bagi timnas, Shin Tae-yong menjanjikan pertandingan final akan berlangsung seru.

"Keempat tim yang lolos ke semifinal adalah tim-tim Asia Tenggara yang bagus, maka kami dapat mengharapkan pertandingan yang bagus di final," ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca Juga: Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-23, STY Sanjung Timnas Vietnam

Nama bek Bagas Kaffa sempat mengisi daftar susunan pemain, namun ia kemudian diketahui mengalami cedera saat melakukan pemanasan, dan pada pertandingan kontra Thailand, posisinya diisi oleh Robi Darwis.

Shin Tae-yong tidak membeberkan jenis cedera yang diderita pemain Barito Putera itu. Namun ia yakin Bagas tidak bisa dimainkan pada pertandingan final.

Sementara itu, bek Indonesia U-23 Muhammad Ferarri menumbuhkan nuansa optimistis menjelang pertandingan kontra Vietnam.

Ia berkaca pada pertemuan terakhir melawan Vietnam di SEA Games 2023, ketika timnas Indonesia U-22 kala itu mampu menang 3-2 atas lawan yang sama.

Baca Juga: Semifinal Piala AFF U-23 2023: Timnas Indonesia U-23 Berbenah Diri

"Kami hanya fokus pada tim, tidak fokus pada lawannya. Kami banyak pengalaman juga ketemu Vietnam, dan pada pertandingan terakhir kami menang di SEA Games. Kami yakin pertandingan besok bisa menang. Insyaallah," ucap pemain Persija Jakarta itu.

Pertandingan final Piala AFF U-23 antara Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, pada Sabtu (26/8) pukul 20.00 WIB.

Editor
Komentar
Banner
Banner