Film Komedi

Srimulat: Hidup Memang Komedi, Kisah Segar Grup Lawak Legendaris

Srimulat: Hidup Memang Komedi, film yang menghadirkan kembali guyonan menyegarkan ala grup lawak beken dan legendaris di tahun 80-an.

Featured-Image
Press Conference Film Srimulat Hidup Memang Komedi di Jakarta, Senin (13/11/2023). Foto: apahabar/Fikma

bakabar.com, JAKARTA - Srimulat: Hidup Memang Komedi, film yang menghadirkan kembali guyonan menyegarkan ala grup lawak beken dan legendaris di tahun 80-an.

Kolaborasi antara MNC Pictures dan IDN Pictures nyatanya mampu berikan komedi segar namun tetap dengan ciri khas grup lawak yang digawangi oleh Gepeng, Basuki, Nunung, Djudjuk, Tessy, Timbul, Paul, Tarzan dan lainnya. Sebagian besar di antaranya sudah meninggal dunia. 

Srimulat: Hidup Memang Komedi merupakan babak kedua dari film pertama yang tayang pada 2022 dengan genre komedi horor. Berbeda dengan film pertama, film ini hadirkan lawakan sederhana ala Srimulat tapi mampu membuat penonton terpingkal.

"Dalam perjalanan karir Srimulat ini banyak sekali warga Surabaya yang memiliki memori dan kenangan indah bersama dengan Srimulat sejak puluhan tahun terakhir," ujar CEO IDN Media, Winston Utomo, pada Konferensi Pers yang dilakukan di Jakarta, Senin (13/11).

Group lawak legendaris dengan ciri khas ndeso ini lahir di Surabaya. Warga Surabaya memiliki kesan dan kenangan indah dengan group lawak yang kemudian menasional dan kehadirannya di layar kaca sangat ditunggu. 

Grup lawak Srimulat tampil perdana di televisi pada tahun 1983. Srimulat bertekad melebarkan sayap melebarkan sayapnya sebagai grup pelawak daerah yang lebih terkenal di Nusantara.

Di tengah perjalanan menggapai impian tersebut, beberapa anggota Srimulat menemukan krisis identitas dan permasalahan yang rumit. Beberapa keluar dan menjadi komedian tunggal, sebagian besar bertahan dan terus menghidupkan Srimulat hingga satu demi satu pemainnya meninggal dunia. 

Film ini sarat akan komedi segar, lucu dan menghadirkan ikonik dari karakter Srimulat itu sendiri, sehingga membuat penonton terpingkal dengan banyolan dari para pemain.

Fajar Nugros selaku sutradara dan Head of IDN Pictures memusatkan karakter kali ini pada sosok Gepeng atau Freddy Aris, sang legendaris yang membawa grup Srimulat ke Jakarta.

"Hal yang menarik pada waktu itu karakter Gepeng, yang menggambarkan from zero to hero, yang membawa rombongan dari daerah ke Ibu Kota, dan mendobrak lawakan tanpa sadarnya yang memebuat mereka sangat terkenal," ucap Fajar Nugros.

Film Srimulat tak hanya dinikmati oleh orang yang lahir bersama dengan grup tersebut. Tapi juga bisa dinikmati juga lintas generasi sehingga menemukan penggemar barunya.

Tak hanya kaya akan dagelan ala Srimulat, film ini juga sarat akan makna mengenai cita-cita dan kekeluargaan, walau tak sangat implisit, termasuk kehangatan dari para pemain yang juga terlihat dalam tiap adegannya.

Film komedi Srimulat: Hidup Memang Komedi dapat Anda saksikan mulai 23 November 2023 di seluruh bioskop di Indonesia.

Editor


Komentar
Banner
Banner