Pembangunan IKN

Soal Perkembangan IKN, Jokowi: Pembangunan Infrastuktur Sudah Dimulai

Presiden Joko Widodo mengungkapkan pembangunan infrastruktur di IKN sudah mulai berjalan. Utamanya pembangunan jalan tol dari IKN ke Balikpapan.

Featured-Image
Kunjungan Presiden Jokowi di Titik Nol IKN. (Foto: Detik.com)

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengungkapkan pembangunan infrastruktur di IKN sudah mulai berjalan. Utamanya pembangunan jalan tol dari IKN ke Balikpapan.

Pembangunan infrastruktur lain, seperti bendungan dan pengembangan lahan juga sudah mulai dilakukan.

“Proses land development atau pembukaan lahan utnuk gedung kementerian, gedung Wakil Presiden dan gedung Presiden, sudah terlihat dalam persiapan," ujarnya dilansir antaranews.com, Rabu (26/10).

Rencanannya, akan dilakukan pembangunan gedung yang digunakan selain untuk pemerintah.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN Sebut Pembangunan IKN Sudah Sesuai Jadwal

Pada Januari 2023, akan dilakukan pembangunan yang diperuntukkan dan digunakan untuk swasta. Pembangunan tersebut sebagai penanda pusat perekonomian baru di IKN.

“Ini yang akan menggeliatkan IKN, betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan terus bergerak,” katanya.

Jokowi melakukan kunjungan ke Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melalui jalur laut. Jalur tersebut rencananya akan digunakan sebagai transportasi untuk logistik.

Tapi, pelabuhan yang akan digunakan untuk kebutuhan logistik, juga dikembangkan sebagai keperluan transportasi publik.

Baca Juga: IKN Kejar Prinsip Kota Hutan, 75 Persen Area Dijadikan Ruang Hijau

“Sementara pelabuhannya akan dipakai untuk keperluan logistik, tapi ke depannya dikembangkan sebagai transpotasi logistik dan publik,” tuturnya.

Kunjungan Jokowi ke IKN, turut didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Dalam kedatangannya Jokowi merencanakan penyelenggaraan upacara perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78, pada 17 Agustus 2024, dapat digelar di IKN.

“Kalau kerjanya seperti ini insya Allah bida dan harus optimis,” tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner