News

SMRC: 70 Persen Masyarakat Ingin Memilih Langsung di Pemilu 2024

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas, soal proporsional pemilu sebanyak 70 persen masyarakat menginginkan pemilihan

Featured-Image
Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas (Foto:apahabar.com/dianfinka)

bakabar.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas mengungkapkan sebanyak 70 persen masyarakat menginginkan pemilihan anggota DRR dan DPRD dipilih secara langsung.

"Nah itu sebabnya kalau kita lihat saat ini opini publik di atas 70 persen masyarakat menginginkan pemilihan anggota DPR dan DPRD itu dipilih langsung oleh masyarakat, bukan oleh partai politik," ujar Sirojudin, di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (5/1).

Baca Juga: SMRC: Elektabilitas Anies Salip Prabowo, Ganjar Kokoh di Puncak

Beberapa waktu terakhir muncul perdebatan mengenai sistem proporsional tertutup dalam Pemilihan Umum. Perdebatan yang dipicu oleh langkah sejumlah pihak yang menggugat sistem proporsional terbuka ke Mahkamah Konstitusi.

Sirojudin Abbas mengatakan efisiensi dalam melakukan pemilihan ketika proporsional tertutup dilakukan membuat masyarakat tidak perlu lagi harus menghafal siapa orang atau kader partai yang dikenal untuk duduk di bangku DPR ataupun DPRD.

Baca Juga: Sering Meleset, Elite NasDem Pertanyakan Hasil Survei SMRC

"Ya mungkin kalau pemilihan tidak langsung, publik tidak dipusingkan dengan besarnya surat suara dan pusingnya memilih, karena ada ratusan nama dikertas pemilih DPR RI mana yang dia kenal," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner