Tak Berkategori

Sikapi Pungli di Pasar Pandansari Balikpapan, Polisi Amankan Preman dan Terduga Pelaku

apahabar.com, BALIKPAPAN – Adanya kabar pungutan liar (pungli) di area Pasar Pandansari langsung disikapi oleh jajaran…

Featured-Image
Petugas saat menertibkan lapak liar di Pasar Pandansari Balikpapan. Foto-Riyadi

bakabar.com, BALIKPAPAN – Adanya kabar pungutan liar (pungli) di area Pasar Pandansari langsung disikapi oleh jajaran Polsek Balikpapan Barat.

Yakni puluhan preman dijaring oleh petugas yang melakukan razia sejak Selasa (22/6). Bahkan dari sekitar 30 preman yang diamankan, satu diantaranya merupakan terduga pelaku pungli.

Kapolsek Balikpapan Barat, Kompol Totok Eko Darminto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan monitoring selama kurang lebih seminggu di area Pasar Pandansari. Alhasil 30 preman dijaring dan dikumpulkan di Polsek Balikpapan Selatan.

“Kami sudah operasi preman kemarin, yang kami tangkap ada sekitar 30 orang, tapi yang menjurus (pungli) ada satu orang. Tapi akan kita selidiki lagi,” ujarnya ditemui disela-sela kegiatan penertiban di Pasar Pandansari.

Terduga pelaku tersebut berinisial BO, pria berusia sekitar 30 tahun ini diduga menerima uang sewa lapak dari para pedagang. Namun pihaknya belum mengetahui berapa jumlah setoran pedagang kepada BO serta total penghasilan yang didapat.

“Dia sudah lama beraktivitas disini. Kemarin kita DPO sekitar satu minggu. Nominalnya masih kami dalami,” katanya.

Saat ini BO masih berada di Polsek Balikpapan Barat untuk diperiksa lebih lanjut. Totok mengatakan bahwa terduga pelaku memang cukup lama menjalani aktivitasnya dan tidak hanya lapak yang berada di luar, area dalam Pasar Pandansari pun turut dikuasainya.

“Lapak pemerintah juga dikuasainya. Saat ini dia sudah kami tahan di Polsek, masih di proses. Kalau terbuktk ya kami tahan,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner