Bisnis

Sidak Pasar Wonokromo Surabaya, Mendag Zulhas: Harga pada Turun

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam kunjungan kerjanya di Surabaya, menyempatkan diri untuk meninjau harga bahan pokok (bapok) di Pasar Wonokromo.

Featured-Image
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meinjau harga bahan pokok di Pasar Wonokromo, Surabaya, Jumat (7/4/2023). (Foto: apahabar.com/Freddy)

bakabar.com, SURABAYA – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam kunjungan kerjanya di Surabaya, menyempatkan diri untuk meninjau harga bahan pokok (bapok) di Pasar Wonokromo, Surabaya, Jumat (7/4).

Zulhas menemukan harga bapok hampir semuanya turun, padahal dalam 1 minggu sebelunya mengalami kenaikkan. Di Pasar Wonokromo ini Zulhas mengatakan harganya paling murah selama ia melakukan peninjauan harga bapok selama ini.

"Luar biasa, harga-harga mau Lebaran tapi turun. Di sini, di Surabaya harga selama saya kunjungi di pasar, di sini paling murah. Artinya harganya terjaga dan terkendali," kata Zulhas di Pasar Wonokromo.

Baca Juga: Inspeksi Mendadak Jelang Lebaran, Bupati Banyuwangi Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Sejumlah harga bapok yang mengalami penurunan di Pasar Wonoktomo di antaranya daging sapi Rp120 ribu/kg, telur ayam Rp27 ribu/kg, bawang merah Rp30 ribu/kg, bawang merah besar Rp35 ribu/kg, bawang putih Rp30 ribu/kg hingga minyak Rp14 ribu/liter.

"Ayam yang terlalu murah, ayam cuma Rp32 ribu/kg. Kalau ayam harganya Rp32 ribu, peternak jadi rugi. Cabai rawit Rp25 ribu/kg. Beras juga mulai turun harganya," ungkapnya.

Ia mengatakan berdasarkan pengamatannya selama ini, kondisi tersebut baru pertama kali terjadi harga sembako dan bahan pokok lainnya mengalami penurunan.

"Biasanya kalau Lebaran harga naik, ini Lebaran harga turun," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Idulfitri Stok Bahan Pokok Kota Magelang Dipastikan Aman, Disperindag Rencanakan Gelar Pasar Murah

Nasipah, salah satu pedagang di Pasar Wnokromo yang sehari-hari bergadang bapok di lapaknya, membenarkan banyaknya harga bapok yang mengalami penurunan harga.

Untuk Beras Bulog yang sempat langka, memurut Nasipah berasnya sudah banyak didatangkan oleh Bulog sejak Kamis (6/4) kemarin. Tetapi menurutnya pedagang hanya mendapat  jatah 20 sak dari Bulog, yang per 5 kg dengan harga Rp45 ribu, dan dijualnya  Rp47 ribu/5 kg.

"Cabai turun drastis dari Rp55 ribu/kg ke Rp26 ribu/kg. Cabai besar Rp28 ribu/kg dari Rp40 ribu/kg. Tomat naik biasanya Rp8 ribu sekarang Rp16 ribu. Telur turun Rp3 ribu sebelumnya Rp30 ribu/kg sekarang Rp27 ribu/kg. Gula normal Rp13 ribu/kg. Biasanya naik dari tahun-tahun lalu. Tapi kalau mau Lebaran naik semua," beber Nasipah.

Baca Juga: Permintaan Beras Meningkat Jelang Lebaran, Pemkot Surabaya Jamin Stok Aman

Sedangkan bawang kating harganya Rp32 ribu/kg, di mana sebelumnya Rp38 ribu/kg, bawang putih sico Rp30 ribu/kg sebelumnya Rp32 ribu/kg, bawang merah besar asal Probolinggo Rp35 ribu/kg sebelumnya Rp42 ribu/kg, bawang merah kecil Rp30 ribu/kg sebelumnya Rp35 ribu/kg.

Editor


Komentar
Banner
Banner