Tak Berkategori

Siap-Siap! Banjarmasin Tetapkan Status Waspada Banjir

apahabar.com, BANJARMASIN – Curah hujan yang tinggi membuat Pemkot Banjarmasin menetapkan status waspada musibah banjir. Status…

Featured-Image
Curah hujan tinggi, Banjarmasin waspada banjir. Foto-dok/apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Curah hujan yang tinggi membuat Pemkot Banjarmasin menetapkan status waspada musibah banjir.

Status ini berdasarkan hasil koordinasi Pemkot Banjarmasin, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel dan BMKG.

“Sekarang statusnya sudah waspada banjir, karena masuk musim hujan,” ujar Plt Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Edy Wibowo

Edy menyebutkan bahwa sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan pembersihan sungai dan drainase.

Hal ini mengingat saat banjir melanda awal tahun tadi. Tidak lain penyebab utamanya adalah sumbatan-sumbatan yang ada di sungai dan drainase. Baik itu tersumbat karena tumpukan sampah maupun bangunan lainnya.

“Kalau berkaca banjir tahun tadi, Banjarmasin Timur dan Selatan yang paling terdampak. Kita juga sudah tim kebersihan sungai untuk turun. Paling tidak bisa mengantisipasi banjir,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menjelaskan, sudah dilakukan perbaikan drainase guna memperlancar saluran.

“Kita sudah lakukan perbaikan drainase. Dan sebentar lagi juga akan dilanjutkan normalisasi sungai, karena anggarannya di perubahan sudah diketuk. Termasuk juga pembongkaran jembatan-jembatan yang tidak standar,” terangnya.



Komentar
Banner
Banner