Sport

Setelah 36 Tahun, Timnas Kanada Lolos Lagi ke Piala Dunia

apahabar.com, JAKARTA – Setelah 36 tahun hanya menjadi penonton, Timnas Kanada kembali lolos ke putaran final…

Featured-Image
Timnas Kanada melengkapi 20 negara yang sudah lolos ke Piala Dunia 2022. Foto: CNN

bakabar.com, JAKARTA – Setelah 36 tahun hanya menjadi penonton, Timnas Kanada kembali lolos ke putaran final Piala Dunia.

Kanada dipastikan menjadi peserta Piala Dunia 2022, setelah mengalahkan Jamaika dengan skor 4-0 di BMO Field, Toronto, Senin (28/3) dini hari.

Gol-gol The Canucks dilesakkan Cyle Larin di menit 13, Tajon Buchanan menit 44, Junior Hoilett menit 83 dan bunuh diri Adrian Mariappa di menit 89.

Hasil ini menjadikan Kanada sebagai peserta pertama dari zona Amerika Utara, Tengah dan Kepulauan Karibia (Concacaf) yang lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Jonathan David cs dipastikan pula sebagai pemuncak klasemen dengan 28 poin dalam satu pertandingan tersisa. Mereka unggul 6 poin atas Amerika Serikat dan Meksiko di posisi kedua dan ketiga.

Posisi Kanada sudah tidak mungkin digeser Kosta Rika di posisi keempat dengan 19 poin.

Sesuai dengan regulasi, 3 negara teratas di klasemen kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Concacaf akan lolos otomatis. Sedangkan negara di posisi keempat lolos ke playoff interkonfederasi.

Pencapaian Kanada terbilang apik, karena mereka harus menunggu 36 tahun untuk kembali tampil di putaran final Piala Dunia.

Mereka terakhir kali berpartisipasi di Piala Dunia 1986. Ini juga merupakan satu-satunya partisipasi Kanada di Piala Dunia.

Di Piala Dunia 1986 yang dimenangi Argentina, Kanada menelan tiga kekalahan beruntun dari Uni Soviet, Prancis, dan Hungaria, sehingga menjadi juru kunci grup.

Dengan demikan, 20 negara sudah memastikan tampil di Piala Dunia 2022 yang dijadwalkan berlangsung 21 November hingga 2 Desember di Qatar.

Berikut 20 negara yang sudah memastikan tampil di Piala Dunia 2022 berdasarkan tanggal kelolosan:

Qatar, Jerman, Denmark, Brasil, Belgia, Prancis, Kroasia, Spanyol, Serbia, Swiss, Inggris, Belanda, Argentina, Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Ekuador, Uruguay, Kanada



Komentar
Banner
Banner