Pemkot Banjarmasin

Serunya HUT RI ke 77, Tarik-Menarik Pakai Perahu di Sungai Biuku Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Perlombaan unik dalam memeriahkan HUT RI ke 77 kembali berlangsung di Kota Banjarmasin….

Featured-Image
Tarik perahu. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Perlombaan unik dalam memeriahkan HUT RI ke 77 kembali berlangsung di Kota Banjarmasin.

Kali ini, di Kampung Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara. Warga menggelar perlombaan dayung hantu, berenang hingga beberapa perlombaan lainnya.

Dayung hantu sendiri merupakan perlombaan yang mirip seperti tarik tambang, namun menggunakan jukung atau perahu kecil di Sungai Biuku dan dilakukan oleh dua tim.

Camat Banjarmasin Utara, Norrahmawati menjelaskan bahwa perlombaan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun, yang menjadi salah satu lomba khas Kampung Biuku.

"Ini warga di Kampung Biuku dan masing-masing kelurahan di Banjarmasin Utara mengirimkan satu perwakilannya," ujarnya.

Perlombaan dayung hantu sendiri jadi pionir pertama di Banjarmasin, lantaran masyarakatnya tinggal di wilayah dekat sungai.

"Tahun lalu, kita melaksanakan tetapi hanya untuk warga sekitar. Untuk yang sekarang ini diramaikan kembali agar hidup kembali," katanya.

Ditambahkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjarmasin, Fitriah bahwa Kampung Biuku merupakan kawasan pariwisata sungai yang diunggulkan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

"Ini juga merupakan upaya untuk menghidupkan kembali pariwisata di sini," ujar Fitriah.

Fitriah pun berharap, kebangkitan ekonomi warga Kampung Biuku dapat dibina kembali dengan menonjolkan sektor pariwisata maupun makanan khas Kampung Biuku.



Komentar
Banner
Banner