Teknologi SAOT

Sering Menganulir Gol, Teknologi SAOT Mengurangi Hype Menonton Bola?

Banyaknya gol yang dianulir akibat teknologi Semi-Automated Offside Technology (SAOT) disebut membuat hype menonton bola berkurang.

Featured-Image
SAOT disebut mengurangi hype menonton bola Piala Dunia 2022. (Foto: dok. The Sun)

bakabar.com, JAKARTA - Banyaknya gol yang dianulir akibat teknologi Semi-Automated Offside Technology (SAOT) disebut membuat hype menonton Piala Dunia 2022 berkurang.

Penggunaan teknologi SAOT diklaim FIFA membutuhkan proses hanya beberapa detik serta membuat keputusan offside menjadi lebih cepat dan akurat.

Lantas, bagaimana pendapat para pecinta bola di Tanah Air? Apakah teknologi SAOT yang kerap kali menganulir gol-gol punggawa lapangan hijau itu membuat keseruan pertandingan Piala Dunia kali ini berkurang?

"Yang namanya nonton bola hype itu pasti tetap ada, justru dengan adanya SAOT membuat pertandingan jadi lebih sportif," ujar Agung pada tim apahabar, Selasa (29/11).

Baca Juga: FIFA Ubah Teknologi VAR dengan SAOT di Piala Dunia 2022, Dikit-Dikit Offside

Ia juga mengatakan dengan adanya SAOT, menghilangkan tuduhan-tuduhan kepada wasit menjelang pertandingan.

"Jadi kalau di pertandingan seharusnya yang bilang wasitnya dibayar ya sekarang sudah tidak bisa lagi, apa lagi ditayangin di layar pertandingan," tambahnya.

Senada dengan Agung, Gunadi yang merupakan pendukung Portugal pada gelaran Piala Dunia kali ini juga mengatakan adanya SAOT memberikan efek positif pada pertandingan.

"Menurut saya adanya sistem SAOT membuat pertandingan menjadi lebih fair (adil). Jadinya drama-drama yang muncul karena faktor human error udah tidak ada lagi," ujar Gunadi.

Baca Juga: Gol Ziyech Dianulir VAR, Belgia vs Maroko Imbang di Babak Pertama

Meski begitu, ia juga mengatakan dengan adanya SAOT drama dalam sepak bola berubah menjadi seputar teknologi offside itu sendiri.

"Untuk hype sih masih tetap ada, bayangin aja lagi selebrasi tiba-tiba golnya dianulir," tukasnya.

Kendati begitu, ada juga yang berpendapat bahwa dengan adanya teknologi terbaru ini membuat hype menonton bola berkurang.

"Menurut saya dengan adanya teknologi itu membuat pertandingan Piala Dunia kali ini menjadi kurang seru. Seperti lagi asik nonton atau terjadi gol tiba-tiba dianulir wasit, momennya jadi hilang," ujar Ruli.

Baca Juga: Gol Rudiger Dianulir, Babak Pertama Spanyol vs Jerman Berakhir Imbang

Selain itu ia juga menyebutkan pengecekan SAOT juga memakan waktu sehingga keseruan menonton bola jadi berkurang.

Itu dia beberapa pendapat para pecinta sepak Bola di Tanah Air terkait teknologi SAOT. Bagaimana menurut Anda?

Editor


Komentar
Banner
Banner