Serial Dokumenter

Serial Pembunuhan John Lennon Bakal Tayang di Apple TV

Serial dokumenter John Lennon: Murder Without a Trial bakal segera tayang di Apple TV Plus. Menghadirkan Kiefer Sutherland sebagai narator.

Featured-Image
John Lennon Murder Without a Trial akan Tayang di Apple TV. Foto: Billboard

bakabar.com, JAKARTA - Serial dokumenter John Lennon: Murder Without a Trial bakal segera tayang di Apple TV Plus. Menghadirkan Kiefer Sutherland sebagai narator.

Apple TV sudah memberikan kisi-kisinya. Serial dokumenter ini bakal mengangkat soal kematian legenda British Pop itu. Klaimnya, mereka akan menampilkan materi yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Lebih menarik. Melansir Collider, Kamis (2/11). The Hollywood Reporter mengungkap Kiefer Sutherland bakal menceritakan tentang pembunuhan vokalis utama The Beatles itu.

Pembunuhan John Lennon pada Desember 1980 meninggalkan kesan misteri. Mengarahkan pada Mark David Chapman. Seorang penggemar yang terobsesi padanya.

Berkat permintaan Freedom of Information Act pada Departemen Kepolisian Kota New York, dewan pembebasan bersyarat dan kantor kejaksaan. Dokumenter ini telah mengungkap materi baru mengenai kasus tersebut.

Kiefer Sutherland (Kanan) akan Menarasikan Serial Dokumenter Pembunuhan John Lennon. Foto: Deadline
Kiefer Sutherland (Kanan) akan Menarasikan Serial Dokumenter Pembunuhan John Lennon. Foto: Deadline

Dokumenter nanti juga akan menampilkan wawancara dengan pengacara Chapman, psikiater, detektif dan jaksa. Juga kenalan hingga teman Lennon.

72 Film bakal memproduksi serial ini di Apple TV Plus. Dan disutradarai oleh Nick Holt dan Rob Coldstream. Serta diproduseri oleh David Glover, Mark Raphael, Simon Bunney, dan Louis Lee Ray.

Perwakilan Yoko Ono, mantan Lennon mengonfirmasi. Dirinya tak berpartisipasi dalam serial dokumenter itu. Ia tidak memberikan komentar lainnya.

Pertanyaannya; kenapa harus Sutherland yang jadi pengisi suara? Salah satu alasannya, dia terkenal akan serial televisinya 24. Dan tampil pada The Rabbit Hole di Paramount+.

Suasana apartemen Dakota saat insiden penembakan John Lennon di tahun 1980. Foto: CBC
Suasana apartemen Dakota saat insiden penembakan John Lennon di tahun 1980. Foto: CBC

Kilas Balik Pembunuhan John Lennon 1980

Chapman melakukan perjalanan dari Hawaii ke New York pada 8 Desember. Ini adalah awal mula pembunuhannya kepada Lennon.

Sehari sebelumnya, Chapman terlihat di apartemen Dakota. Tempat tinggal Lennon dan Yoko Ono. Ia meminta tanda tangan pada album Double Fantasy yang ia miliki.

Tanpa aba-aba, punggung dan bahu Lennon dihujani tembakan revolver berkaliber 38mm dari tangan Chapman. Di situ sang legend tumbang di tempat.

Tubuh lemahnya pun dibawa ke Rumah Sakit Roosevelt. Tapi sayang Lennon tak terselamatkan.

Dalam sidang pembebasan bersyarat, Chapman membuat pengakuan. Ia mengalami perdebatan batin saat melakukan pembunuhan itu.

Chapman menembak John Lennon empat kali di Manhattan. (EPA)
Chapman menembak John Lennon empat kali di Manhattan. (EPA)

"Dorongan kuat untuk melakukan hal tersebut semakin besar dan membuat saya melakukannya," kata Chapman pada kilas balik di tahun 2012.

Pada 2022, pembebasan bersyarat Chapman ditolak untuk ke-12 kalinya. Dilaporkan, Ono sering meminta penahanan Chapman.

Kisah ini menjadi sangat kontroversial. Chapman mendapat sedikit ketenaran melalui produksi film Chapter 27 pada 2008 silam.

Film itu menceritakan kisah fiksi mengenai Chapman menjelang pembunuhan tersebut. Sayangnya mendapatkan ulasan buruk saat penayangannya.

Lantas, kapan serial John Lennon ini ditayangkan? Jawabnya; belum ada tanggal perilisan resminya.

Editor


Komentar
Banner
Banner