ENTERTAINMENT

Tiga Hari Dirilis, Lagu Terakhir The Beatles Ditonton 20 Juta Kali di YouTube

Grup band The Beatles akhirnya merilis lagu terakhir yang berjudul Now and Then.

Featured-Image
Lagu terakhir The Beatles, Now and Then, sudah ditonton lebih dari 20 juta kali setelah tiga hari perilisannya. Foto-Dok

bakabar.com, BANJARMASIN - The Beatles menutup ceritanya dengan manis sekaligus pahit dengan dirilisnya "Now and Then".

Lagu yang awalnya hanya sebuah demo dari John Lennon akhirnya diselesaikan oleh Paul McCartney dan Ringo Starr setelah 45 tahun dengan menggunakan bantuan teknologi AI. 

Now and Then dirilis di seluruh dunia pada Kamis, 2 November 2023 oleh Apple Corps Ltd./Capitol/UMe. Dalam perilisannya, lagu ini dipasangkan dengan Love Me Do yang merupakan single debut The Beatles pada 1962.

Baca Juga: The Beatles Segera Rilis Lagu Terakhir, Tampilkan Suara John Lennon dengan Bantuan AI

Setelah tiga hari dirilis secara resmi di platform YouTube, video klip garapan Peter Jackson sudah ditonton lebih dari 20 juta kali. Hingga tulisan ini ditayangkan, angkanya terus naik dan nyaris mencapai 21 juta penayangan. Video musik ini juga masih masuk trending YouTube sejak perilisannya. 

Sementara di Spotify, Now and Then sudah diputar lebih dari 10 juta kali. 

Menariknya, lagu-lagu tersebut di-mix dalam stereo dan Dolby Atmos dan rilisannya menampilkan cover art asli oleh artis terkenal Ed Ruscha. Proses pengerjaan Now and Then juga telah direkam menjadi film dokumenter berjudul Now and Then - The Last Beatles Song.

Film berdurasi 12 menit yang ditulis dan disutradarai oleh Oliver Murray ini sudah tayang di kanal YouTube The Beatles.

Baca Juga: Setelah 53 Tahun, Berikut Fakta Konser Terakhir The Beatles

Adapun cerita dalam video pendek ini tentang momen pembuatan lagu terakhir The Beatles. Menampilkan para personel yang tengah menggarap lagu Now and Then.

Tak hanya itu, ada juga cuplikan komentar dari para personel. Pada 1994, istri John Lennon, Yoko Ono Lennon, memberikan rekaman tersebut kepada Paul, George dan Ringo, bersama dengan demo John untuk Free As A Bird dan Real Love.

Editor


Komentar
Banner
Banner