Sport

Sempat Kolaps di Lapangan, Gelandang Denmark Christian Eriksen Lewati Masa Kritis

apahabar.com, JAKARTA – Sempat kolaps di tengah pertandingan Euro 2020, Minggu (13/6), gelandang Timnas Denmark, Christian…

Featured-Image
Christian Eriksen sudah kembali sadar, setelah tidak sadarkan diri di menit 43 pertandingan Timnas Denmark kontra Finlandia. Foto: Okezone

bakabar.com, JAKARTA – Sempat kolaps di tengah pertandingan Euro 2020, Minggu (13/6), gelandang Timnas Denmark, Christian Eriksen, dinyatakan sudah melewati masa kritis.

Christian Eriksen tiba-tiba terjatuh tidak sadarkan diri di lapangan di menit 43, ketika Denmark menghadapi Finlandia di Stadion Parken.

Sesaat tidak seorang pun yang menyadari, hingga akhirnya terlihat mata pemain Inter Milan itu terlihat hanya putih.

Lantas beberapa orang di sekitar mencoba memberikan pertolongan pertama.

Christian Eriksen diduga mengalami serangan jantung, setelah petugas medis memberikan resusitasi jantung par atau Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) dengan tangan.

Kasus terhentinya aliran darah atau pernapasan seperti yang dialami Christian Eriksen, bisa memicu kerusakan otak dan dapat mengakibatkan seseorang meninggal dalam hitungan 8 hingga 10 menit.

Dengan pemberian CPR, aliran darah yang mengandung oksigen tetap tersalurkan ke otak dan seluruh tubuh, hingga orang tersebut mendapatkan bantuan medis lebih lanjut.

Sontak semua pemain Denmark mengerubungi dan dengan raut wajah khawatir. Bahkan beberapa di antaranya menangis.

Mereka juga langsung membentuk lingkaran untuk mencegah publik melihat proses pertolongan kepada Christian Eriksen.

Sekitar 10 menit ditolong dan penuh ketegangan, Chrisrian Eriksen akhirnya ditandu petugas medis ke luar lapangan, sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit.

Setelah wasit dan semua pemain kembali ke ruang ganti, UEFA langsung memutuskan untuk menunda pertandingan tersebut.

Belakangan UEFA mengonfirmasi bahwa Christian Eriksen sudah sadar. Namun kelanjutan pertandingan masih dalam pembicaraan kedua belah pihak.

“Menyusul kondisi darurat terkait pemain Denmark, Christian Eriksen, akan digelar rapat darurat dengan kedua tim dan ofisial pertandingan,” demikian penjelasan UEFA melalui Twitter.

“Sementara pemain (Christian Eriksen) telah dipindahkan ke rumah sakit dan telah stabil,” sambung pernyataan itu.

Sementara doa juga mengalir dari berbagai penjuru dunia untuk kesembuhan Christian Eriksen. Bahkan hastag Eriksen dan semoga baik2 menjadi trending topic di Twitter.



Komentar
Banner
Banner