Sembilan Caleg NasDem Bersaing Ketat di Dapil 5 Kalsel

Perebutan kursi DPRD Provinsi Kalsel daerah pemilihan (dapil) Kalsel 5 Partai NasDem bakal berlangsung ketat dan sengit.

Featured-Image
Ilustrasi - Gedung DPRD Kalsel. Foto: Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Perebutan kursi DPRD Provinsi Kalsel daerah pemilihan (dapil) Kalsel 5 Partai NasDem bakal berlangsung ketat dan sengit.

Dapil 5 Kalsel yang mencakup wilayah Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong. Diketahui, Partai NasDem mendaftarkan 9 calegnya, dimana mereka yang dicalonkan adalah orang-orang yang berpotensi untuk meraih kursi DPRD Kalsel.

Akademi Fisip ULM Samahuddin Muharam mengatakan, bahwa menurut kacamatanya caleg NasDem yang dipasang di dapil 5 itu sangat ketat.

“Lantaran para calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kalsel yang berkompetisi, ada anak mantan Ketua DPW NasDem Kalsel Guntur Prawira, Guna Mariati yang bertengger di urutan 1, yang saat ini incumbent,” ujarnya.

“Kemudian ada anak Bupati Balangan, Harry Khairil Hadi, yang dipasang di nomor 2. Tidak dianggap remeh pula, ada anak mantan Bupati Tapin dan Ketua MUI Kalsel serta Tokoh Banua Almarhum KH Ahmad Makkie, yakni Damai Mediawan yang berada di nomor 5.

Ketiga caleg ini, tambah mantan Ketua KPU Kalsel ini, membawa pengaruh nama orang tua yang masih sangat besar. “Apalagi orang tua mereka sudah memiliki popularitas di masyarakat. Ketokohan dan kapasitasnya tak diragukan lagi di pentas perpolitikan di Kalsel,” katanya.

“Ini nantinya akan terjadi persaingan ketat di internal partai, sehingga saya prediksi kursi Partai NasDem dari Dapil 5 ini akan bertambah. Tadinya cuma 1 kursi, kemungkinan pada Pileg 14 Februari 2024 nanti, bisa 2 atau 3 kursi, Minimal 2 kursi,” sambungnya.

Samahuddin menambahkan, persaingan ketat tidak hanya di internal partai saja, namun persaingan dengan di luar partai juga harus diperhatikan.

“Seperti Partai Golkar, di Dapil 5 ini ada Ketua DPRD Kalsel Supian HK, dan kemungkinan juga kursi Golkar akan bertambah, karena pengaruh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, sebagai Ketua DPD Partai Golkar yang sangat berpengaruh,” bebernya.

Terpisah, salah satu Caleg Partai NasDem Dapil Kalsel 5, Damai Mediawan yang berada di urutan 5 mengakui, bahwa pertarungan di dapil 5 bakal sengit. “Ibaratnya, kawan rasa lawan,” ujarnya singkat.

Tokoh pemuda Banua yang malang melintang di dunia organisasi pemuda di kalsel ini, juga putera mantan Bupati Tapin dan Mantan Ketua MUI Kalsel, Alm KH Ahmad Makkie, merasa tidak gentar bertarung sama incumbent dan anak Bupati Balangan.

“Saya optimis, saya akan berhasil,” ucapnya, Senin (5/2/2024).

Adik kandung mantan Sekdaprov Kalsel, Haris Makkie ini, enam caleg yang lain juga tidak boleh dianggap penggembira, karena pergerakan mereka juga terlihat dalam masa kampanye saat ini.

“Siapapun yang akan terpilih nanti, kita doakan semoga mereka amanah dan siap memperjuangkan aspirasi masyarakat Banua, khususnya masyarakat di dapil kalsel 5,” imbuhnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner