tahun ajaran baru

Semangat Tahun Ajaran Baru, Kesehatan Mental dan Fisik Nomor Satu

Besok, siswa SD sampai SMA akan memulai tahun ajaran baru. Perhatikan kesehatan mental dan fisik agar semangat sekolah terjaga.

Featured-Image
Siswa SD, SMP dan SMA memasuki tahun ajaran baru. Foto: Kemendikbud

bakabar.com, JAKARTA – Besok, siswa SD sampai SMA akan memulai tahun ajaran baru. Perhatikan kesehatan mental dan fisik agar semangat sekolah terjaga. 

Memulai tahun ajaran baru 2023/2024, sekolah tingkat SD hingga SMA sederajat akan dimulai pada tanggal 17 Juli 2023. Dibarengi dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tanggal 17-20 Juli 2023.

Dalam menyambut kegiatan belajar yang baru, berikut tips yang bisa dilakukan para siswa untuk tetap sehat dan semangat.

1. Persiapan Kesehatan Mental dan Fisik
Hal menjaga kesehatan mental dan fisik menjadi poin utama. Dengan kondisi mental dan fisik yang sehat maka akan mendorong kegiatan belajar lebih efektif. Siswa akan merasakan mood nyaman, senang dan percaya diri dengan kesehatan mental yang terjaga.

Menjaga kondisi tubuh tetap sehat juga menjadi kunci, jika kesehatan tubuh terganggu dan imun melemah, maka proses belajar akan terganggu. Sehingga, penting untuk menjaga nutrisi makanan, konsumsi air putih, melakukan olahraga dan tidur yang cukup.

Baca Juga: Jelang Tahun Ajaran Baru, Simak Tips Siapkan Mental Anak ke Sekolah

2. Istirahat yang Cukup
Hal ini memerlukan perhatian dari orang tua, untuk memastikan anaknya memiliki kualitas tidur yang baik dan cukup. Normalnya, jam tidur yang cukup adalah 7 sampai 9 jam, dengan begitu, anak akan lebih segar dalam menjalani aktivitas di sekolah.

3. Siapkan Seragam dan Alat Belajar
Mempersiapkan hal baru seperti seragam baru atau alat belajar baru menjadi bagian yang menyenangkan, sehingga siswa dapat terhindar dari stress di hari pertama masuk sekolah. Lengkapilah perlengkapan sekolah sesuai dengan apa yang disukai oleh anak.

014092900_1531712150-20180716-Suasana-hari-pertama-sekolah-ARBAS-5
Sejumlah siswa berkumpul di sekolah. Foto: Liputan6

4.  Isi Waktu dengan Kegiatan Lain
Selain sibuk dengan agenda belajar, penting bagi siswa untuk mengeksplor hal lain. seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau mengikuti bimbingan belajar (bimbel), agar porsi antara belajar dan waktu senggang bisa seimbang.

5. Eksplor Gaya Belajar yang Sesuai
Setiap anak pasti memiliki caranya sendiri dalam belajar. Hal ini yang disebut sebagai gaya belajar. Dengan menerapkan gaya belajar yang sesuai maka akan membantu anak untuk bisa lebih fokus dalam memahami materi.

Baca Juga: Masuk Tahun Ajaran Baru, Cuan Menyapa Para Penjahit Jalanan di Ibu Kota

6. Set Skala Prioritas
Untuk menghindari stres akibat terlalu banyak pekerjaan rumah (PR) dan tugas lainnya, penting bagi siswa untuk mengatur skala prioritas, contohnya seperti mencatat seluruh tenggat waktu tugas, sehingga pengerjaan tugas lainnya tidak dilakukan secara tergesa-gesa. Hal ini efektif untuk meningkatkan tanggung jawab serta semangat belajar.

7. Menyusun Rancangan Cita-cita
Khusus siswa SMA, menjadi masa yang penting untuk menentukan jurusan bahkan menentukan universitas yang diincar. Maka tidak ada salahnya untuk menyusun rancangan tujuan masa mendatang.

Duduk di bangku SMA, para siswa pasti dihadapi dengan pemilihan jurusan, baik jurusan IPA maupun IPS. Hal ini menjadi bagian yang krusial, karena siswa akan memilih tujuan yang memang sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Baik IPA maupun IPS memiliki kualitasnya masing-masing. Maka dipastikan siswa memilih dengan bijak sesuai dengan kemampuan sehingga dapat meraih cita-cita yang didambakan.

Editor
Komentar
Banner
Banner