Regional

Seluruh Kepala Desa di Solo Raya Miliki Nmax Merah, Wali Kota Gibran: Solo Rencananya Motor Listrik

Walikota Solo, Gibran Rakabuming memiliki kebijakan berbeda. Pasca para lurah di Soloraya dibelikan Yamaha Nmax sebagai kendaraan dinas.

Featured-Image
Walikota Solo, Gibran Rakabuming di Balaikota Solo. Foto : apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memiliki kebijakan berbeda. Pasca para lurah di Solo Raya dibelikan Yamaha Nmax sebagai kendaraan dinas.

Menurutnya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sendiri akan lebih mengarah kepada penggunaan motor listrik. Kebijakan tersebut berbeda jika dibandingkan dengan sejumlah kabupaten di Solo Raya yang sudah mendistribusikan ratusan unit motor Nmax merah.

"Solo belum beli, kita nanti ya. Kemarin lagi dibicarakan. Ada arah ke situ (motor listrik)," ungkapnya, Kamis, (6/4).

Baca Juga: Safari Ramadan di Solo, AHY Hanya Titip Salam untuk Gibran

Gibran menyebut pembicaraan mengenai pembelian kendaraan dinas terakhir untuk para lurah sudah lama dilakukan. Adapun kondisi sekarang para lurah masih memakai Suzuki Shogun berwarna biru.

"Kalau saya menilai lurah-lurah, camat- camat sekarang kerjanya rajin-rajin. Kalau bisa ya ada stimulus, semangat. Tapi nanti dulu kita belum beli kok," ujarnya.

Putra sulung Jokowi itu kemudian menanyakan kenapa harus Nmax digunakan sebagai kendaraan dinas. Padahal masih ada alternatif kendaraan lain yang lebih ramah lingkungan.

"Arahnya ke motor listrikkan nanti. Semuanya harus motor listrik, mobil listrik," tandasnya.

Baca Juga: Usai Minta Maaf ke Ganjar, Gibran Geser Ingin Temui Rudy

Diketahui sebelumnya pada 2019 lalu seluruh kepala desa, lurah, hingga camat di Kabupaten Sukoharjo mendapatkan sepeda motor dinas baru berupa Yamaha Nmax merah.

Kemudian di tahun yang sama Bupati Klaten, Sri Mulyani juga membagikan Yamaha Nmax ke 391 kepala desa (Kades) dan 10 lurah di kompleks Setda Klaten.

Sama halnya di Wonogiri, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, telah menyerahkan motor dinas Yamaha Nmax merah kepada 294 kepala desa-lurah di Wonogiri.

Baca Juga: Gibran Temui Ganjar di Semarang: Langsung Minta Maaf, Semuanya Clear!

Di tahun 2020, di Kabupaten Karanganyar, Bupati Juliyatmono juga membagikan Yamaha Nmax namun berwarna hitam.

Pemerintah Kabupaten Boyolali juga memberikan hibah kendaraan dinas Yamaha Nmax baru kepada 261 kepala desa dan enam lurah.

Kemudian Di tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sragen membagikan Yamaha Nmax merah kepada 208 kepala desa di 20 kecamatan.

Editor


Komentar
Banner
Banner