Kejurnas Sprint Rally 2023

Sedikit Lagi, Rihan Variza Sabet Gelar Juara Nasional Sprint Rally 2023

Pebalap nasional Rihan Variza selangkah lagi menyegel predikat juara nasional dalam ajang Kejurnas Sprint Rally 2022.

Featured-Image
Aksi HM Rihan Variza dalam shake down Kejurnas Sprint Rally 2023 putaran keenam di Sport Center Indramayu, Jawa Barat, Jumat (27/10). Foto: HRVRT Official

bakabar.com, JAKARTA - Pebalap nasional Rihan Variza selangkah lagi menyegel predikat juara nasional dalam ajang Kejurnas Sprint Rally 2022.

Kejurnas Sprint Rally 2023 sudah memasuki fase akhir, tepatnya putaran keenam yang berlangsung di Sport Center Indramayu, Jawa Barat, Sabtu dan Minggu (28-29/10).

Trek putaran keenam sepenuhnya tarmac. Selain dalam area Sport Center Indramayu, trek juga menggunakan Jalan DI Pandjaitan dan Jalan Olahraga.

Di sisi lain, persaingan memperebutkan juara nasional kian mengerucut lantaran tinggal menyisakan head to head antara HM Rihan Variza dan Ryan Nirwan.

Baca Juga: Rihan Variza Rebut Puncak Klasemen Kejurnas Sprint Rally 2023

Rihan sendiri paling berpeluang menjadi juara nasional. Pereli Kalimantan Selatan ini masih bertakhta di puncak klasemen kejuaraan umum dengan 55 poin.

Sedangkan Ryan Nirwan juga memiliki kesempatan mempertahankan gelar juara. Penyebabnya pereli Kalimantan Timur ini hanya tertinggal 5 poin dari Rihan Variza.

Berhitung di atas kertas, beban Rihan sedikit lebih ringan. Sekalipun hanya finis kedua di seri pamungkas, mantan pembalap motocross ini sudah dipastikan menjadi juara nasional.

Sebaliknya Ryan Nirwan harus menjuarai putaran terakhir. Pun dengan catatan, Rihan Variza finis ketiga atau lebih buruk.

Baca Juga: Rihan Variza Fokus ke Seri Asia usai Juarai Kejurnas Rally 2023

Dengan skenario Rihan finis ketiga dan Ryan menjadi juara, kedua pereli sama-sama membukukan 65 poin. Berdasarkan aturan Kejurnas Sprint Rally 2023, Ryan yang berhak menjadi juara nasional.

Dalam aturan tersebut, penentuan nilai sama (ex equo) diambil berdasarkan jumlah poin tertinggi pertama terbanyak.

Atau jumlah poin tertinggi kedua terbanyak, atau jumlah poin tertinggi ketiga terbanyak dan seterusnya, atau poin tertinggi yang didapat di putaran terakhir.

Tercatat hingga putaran kelima, Ryan unggul dua kemenangan berbanding satu.

Sejatinya H Putra Rizky masih berpeluang menjadi juara nasional, karena sedang bercokol di peringkat ketiga klasemen dengan 49 poin.

Akan tetapi pereli LFN Sederhana Motorsport tersebut tidak terlihat dalam entry list. Putra diketahui harus menemani sang istri yang akan melahirkan anak kedua.

Selanjutnya posisi Putra di belakang kemudi mobil Skoda Fabia Evo Rally2 akan digantikan Riezka Donalsha dengan navigator M Redwan.

Untuk putaran pamungkas, Rihan Variza tampaknya sudah mantap menggunakan Hyundai i20 N Rally2. Seusai putaran kelima di Malang, Jawa Timur, pereli HRVRT ini memang banyak berlatih menggunakan mobil baru.

"Setelah banyak berlatih dengan mobil baru, kami juga berharap doa dan dukungan masyarakat agar Rihan bisa menjadi juara," sahut Team Official HRVRT, Rahman Nor Wahyudi, Kamis (27/10).

Editor


Komentar
Banner
Banner