Olahraga

Kejurnas Rally 2023 Berakhir, HRVRT Raih Juara Nasional Team

Seluruh rangkaian Kejurnas Rally 2023 resmi berakhir, Minggu (27/11). HRVRT HBM BGM BMB Binuang, Kalimantan Selatan, dapat tersenyum puas

Featured-Image
Aksi HM Rihan Variza di putaran penutup Kejurnas Rally 2023 di Sumatera Utara. Foto: HRVRT Official

bakabar.com, MEDAN - Seluruh rangkaian Kejurnas Rally 2023 resmi berakhir, Minggu (26/11). HRVRT HBM BGM BMB Binuang, Kalimantan Selatan, dapat tersenyum puas keberhasilan menjadi juara nasional team.

Kejurnas Rally 2023 ditutup di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu hingga Minggu (25-26/11).

HRVRT menasbihkan diri sebagai juara nasional team, setelah mendapatkan tambahan 22 poin di seri pamungkas.

Poin tersebut disumbangkan HM Rihan Variza yang mampu finis ketiga kejuaraan umum maupun kelas M1. Poin juga diperoleh Rizal Sungkar, setelah menjadi runner up di kategori kejuaraan dan kelas yang sama.

Selain mengantar HRVRT menjadi juara nasional team, Rihan juga duduk di peringkat kedua klasemen akhir kejuaraan umum dan kelas M1.

Rihan menyalip perolehan poin Musa Rajekshah yang gagal tampil apik di kandang. Wakil Gubernur Sumut ini mengalami kecelakaan di Spesial Stage (SS) 8, sehingga tidak bisa melanjutkan lomba.

Sementara juara nasional kejuaraan umum dan kelas diraih H Rahmat. Pereli LFN Sederhana Motorsport ini finis keempat di putaran pamungkas.

"Alhamdulillah kami mendapatkan hasil bagus. Bisa finis ketiga di seri terakhir, lalu menjadi runner up nasional dan juara nasional team 2023," ungkap Rihan.

HRVRT berhasil menyabet gelar juara nasional team di Kejurnas Rally 2023. Foto: HRVRT Official
HRVRT berhasil menyabet gelar juara nasional team di Kejurnas Rally 2023. Foto: HRVRT Official

Sedianya bukan perkara mudah untuk finis ketiga di seri pamungkas. Bersama navigator Anthony Sarwono, Rihan sedikit kesulitan di SS 1 dan gagal menembus lima besar.

Selepas SS7 yang menutup leg pertama hari kedua, Rihan akhirnya mencapai jajaran lima besar, tetapi tertinggal 40,5 detik dari Rifat Sungkar di posisi teratas.

Baru di leg kedua hari ketiga, Rihan tampil lebih baik dan mampu menempati peringkat ketiga. Namun gap time dengan Rifat di posisi teratas, masih cukup lebar.

"Sejujurnya kami tidak menarget juara nasional team, karena sudah diberi juara nasional Kejurnas Sprint Rally 2023," tambah Rahman Nor Wahyudi, Team Official HRVRT.

"Alhamdulillah kami bisa mendapatkan sesuatu dari Kejurnas Rally 2023. InsyaAllah kami akan berusaha lebih baik lagi di musim selanjutnya," pungkasnya.

Adapun Rifat menjuarai seri penutup Asia Pasific Rally Championship (APRC) yang digelar bersamaan dengan Kejurnas Rally 2023.

Rifat yang tampil bersama navigator Ben Searcy, berhasil memanfaatkan momentum. Penyebabnya Sean Gelael yang dijagokan menang, mengalami berbagai masalah.

Usai mengalami kecelakaan di SS 2, Sean baru dapat kembali berlomba mulai SS 8. Meski kembali berkompetisi, pereli nasional ini mendapat penalti 50 menit lebih.

Editor


Komentar
Banner
Banner