Sport

Seri Pertama Kejurnas Rally 2024, Rihan Variza Terbang di Rambung Sialang

Tampil prima dan penuh determinasi, HM Rihan Variza bak terbang untuk menjuarai Kejurnas Rally 2024 seri pertama di Rambung Sialang, Sumatera Utara, Sabtu hingg

Featured-Image
Mobil Hyundai i20 N Rally2 yang dikemudikan HM Rihan Variza terbang di gundukan trek Rambung Sialang. Foto: HRVRT Official

bakabar.com, MEDAN - Tampil prima dan penuh determinasi, HM Rihan Variza bak terbang untuk menjuarai Kejurnas Rally 2024 seri pertama di Rambung Sialang, Sumatera Utara, Sabtu hingga Minggu (8-9/6).

Bersama navigator Fahrezi Fadh di kelas H1, Rihan tampil apik di leg pertama yang menyuguhkan enam Spesial Stage (SS) berjarak tempuh total 105,70 kilometer.

Dari enam SS, pereli Kalimantan Selatan asal Tapin itu memenangi empat di antaranya. Dimulai dari SS 1 dengan total waktu 09:23,8. Lalu SS 2 dilibas dengan waktu terbaik 11:17,0.

H Rahmat yang berstatus juara bertahan, sempat menjadi yang tercepat di SS 3 dengan keunggulan 03,7 detik atas Rihan di peringkat kedua. 

Namun di SS 4, Rihan kembali melesat sebagai pereli tercepat dengan waktu 14:43,1 dan meninggalkan Rahmat dengan selisih 20,1 detik di peringkat kedua.

Rahmat kemudian menjadi yang tercepat lagi di SS 5 dengan catatan waktu 11:13,8. Akan tetapi di SS 6 atau penutup leg pertama, Rihan kembali membuat waktu tercepat 14:43,8.

Kontur SS dengan jalanan lurus naik turun, tampak cocok dengan karakter Rihan. Beberapa kali Hyundai i20 N Rally2 yang dikemudikan punggawa HRVRT BGM HBM BMB ini terbang menghajar gundukan. 

Di sisi lain, banyak insiden di leg pertama. Salah satunya ketika Bintang Barlean terbang selepas gundukan, tetapi limbung ketika mendarat dan terbalik.

Sementara Rahmat sempat mengalami overshoot dalam kecepatan tinggi dan balik arah. Berikutnya pereli LFN Sederhana ini nyaris bertubrukan dengan Ford Fiesta Rally2 yang dikemudikan Bimo Pradikto.

"Trek di Rambung Sialang penuh tantangan dan cukup menguras tenaga, karena cuaca yang panas," ulas Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara, Harun Mustafa Nasution, seperti dikutip dari Antara.

"Lintasan juga banyak jebakan, sehingga pengemudi betul-betul mengandalkan kemampuan navigator," sambungnya.

Memasuki leg kedua yang menyuguhkan empat SS dengan jarak tempuh total 66,16 kilometer dan tanpa Rahmat di lintasan, Rihan mulai mengatur tempo. 

Pereli tuan rumah Musa Rajekshah membukukan waktu tercepat 10:16,9 di SS 7. Lantas di SS 8 sejauh 22,32 kilometer, Rihan mengambil kesempatan untuk kembali mengukir waktu tercepat 16:43,2. 

Rihan kemudian sempat tertinggal 09,8 detik dari Musa Rajekshah yang membukukan waktu tercepat 11:40,0 di SS 9. 

Namun di SS 10 atau terakhir, Rihan menutup penampilan di Rambong Sialang untuk kembali menjadi pereli tercepat dengan catatan waktu 09:42,6. 

"Lintasan agak basah dan licin di SS 7, sehingga kami benar-benar harus sabar menjaga mobil," ungkap Rihan.

"Sedangkan di SS 8, penonton tambah banyak. Kami juga harus hati-hati di tikungan agar tidak kebablasan," imbuhnya.

Hasil tersebut memastikan Rihan menjadi juara umum kelas H1 dan overall di seri pembuka Kejurnas Rally 2024 dengan catatan waktu total 1:59:28,9.

Pun Rihan mengulang pencapaian terbaik di Rambung Sialang. Sebelumnya di tempat yang sama, ayah tiga putra ini menjuarai putaran kedua Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2019.

Penampilan apik juga diperlihatkan Rizky Prayoga yang berhasil finis ketiga secara keseluruhan. Ditemani Donny Wardoyo sebagai navigator, rekan setim Rihan ini membukukan total waktu 2:06:47,8.

Editor


Komentar
Banner
Banner