News

Sebab Mobil Hatchback Jadi Incaran Para Anak Muda

apahabar.com, JAKARTA – Memiliki bagasi yang menyatu dengan kabin dan kursi di baris kedua, menjadi alasan…

Featured-Image
Suzuki Baleno Hatchback disebut menjadi incaran para anak muda. (Foto: dok. Ist.)

bakabar.com, JAKARTA – Memiliki bagasi yang menyatu dengan kabin dan kursi di baris kedua, menjadi alasan mobil hatchback di Indonesia banyak digandrungi anak muda.

Apalagi, hatchback mempunyai dimensi yang tidak lebih besar dari mobil segmen MPV dan SUV, yang menjadikannya lebih irit bahan bakar.

Hal itu diperkuat dari data yang dilansir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di mana model ini mampu menguasai 5-7 persen pangsa pasar mobil penumpang di Indonesia sejak 5 tahun terakhir.

Di sisi lain, soal hatchback jadi incaran anak muda juga dikomentari oleh 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra.

Menurutnya, target pasar hatchback mirip dengan segmen city car, yakni konsumen yang menginginkan mobil dua baris dengan dimensi kompak.

"Tapi, hatchback menyasar pada konsumen yang menginginkan kendaraan dengan fitur yang lebih canggih, dengan mesin 1.500 cc atau lebih, dan memiliki ruang kabin yang lebih luas,” ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

“Pada umumnya, konsumen hatchback adalah kalangan dewasa muda yang tinggal di perkotaan dan memiliki mobilitas yang cukup tinggi,” sambungnya.

Baleno Hatcback Facelift

Bila dibandingkan dengan sedan, model hatchback umumnya memiliki tampilan yang sporty dan lebih modern.

Penampilan tersebut dituangkan oleh Suzuki pada model Baleno anyarnya yang kembali disegarkan bersamaan perhelatan GIIAS 2022.

Hatchback yang legendaris dengan model sedannya ini mengalami pembaruan cukup signifikan, mulai dari eksterior, interior, mesin, hingga fitur dan teknologi terkini.

Head of 4W Brand Dev. & Marketing Research & IT Network PT SIS, Harold Donnel menegaskan, bahwa kini Baleno mengalami banyak perubahan, sehingga tampilannya jauh lebih elegan.

"Kami juga menyertakan fitur-fitur canggih pada Baleno hatchback terbaru ini,” ungkap Harold saat jumpa pers disela ajang GIIAS 2022 di ICE BSD City, Selasa (16/8).

Spesifikasi

Di atas kertas, mobil keluaran produsen berlogo 'S' ini memiliki dimensi 3.990 mm x 1.745 mm x 1.485 mm (PxLxT).

Suzuki juga cukup jeli memadukan antara desain eksterior yang elegan dengan kenyamanan kabin mumpuni. Dibalik itu, Baleno ditopang kinerja mesin terbaru.

Secara eksteriornya, penyegaran dilakukan pada sisi pencahayaan yang sudah sematkan teknologi LED mulai dari headlamp, projector, rem hingga foglamp.

Ubahan juga terletak pada sisi lain, seperti gril, bumper depan dan belakang, New Window Chrome Garnish Ornament, serta spoiler pada roof.

Dibenamkan juga parking sensor dan rear camera (kamera belakang), dipadu pelek dual tone berukuran 16 inci dan New Electric Foldable ORVM.

Beralih ke interior, ubahan tampak pada dasbor berdesain baru, jok berbahan fabric dengan desain 3D plus kesan Blue Accent, serta ruang penyimpanan di sandaran tangan (armrest).

Penyegaran lainnya meliputi New Rear AC Vents & USB Sockets, New Satin Silver Ornament AC List, New Front USB and Accessory Socket, New Gear Shift Knob Metallic Medium Grey Color, New Auto Dimming Inside Rear View Mirror, dan New Sun Visor with Ticket Holder and Illumination Lamp (R/L).

Lebih menariknya, Suzuki mengaplikasikan New Head Up Display (HUD), plus head unit layar sentuh berukuran 6,8 inci dengan koneksi gawai pribadi, AC pun telah dilengkapi dengan pemanas (heater).

Untuk setir sudah dibalut bahan kulit dan telah dilengkapi kontrol audio, koneksi Bluetooth serta cruise control, plus meter cluster bernuansa sporty.

Mengenai dapur pacu, kini Suzuki Baleno dibekali mesin baru tipe K15B yang juga dipasangkan pada mobil Suzuki model beberapa model Suzuki seperti Ertiga, maupun yang hybrid, Jimny, serta XL7.

Konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup dengan sistem pengabutan Multipoint Injection, menghasilkan tenaga 103 hp dan torsi puncak 138 Nm di putaran 4.400 rpm.

Keamanannya pun terjamin berkat penyematan 6 airbags, ESP, serta Hill Hold Control yang hanya terdapat untuk varian transmisi otomatis.

Suzuki menawarkan lima warna baru yaitu Prime Luxe Beige, Prime Celestial Blue, Prime Splendid Silver, Prime Opulent Red, serta Prime Grandeur Grey, melengkapi warna sebelumnya Prime Arctic White, dan Pearl Midnight Black.

Untuk harga, pada Baleno tipe MT diniagakan Rp262,9 juta, sedangkan varian transmisi AT dibanderol Rp274,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Reporter: Awan



Komentar
Banner
Banner