banjir bandang

Satu SD Cianjur Terendam Banjir Bandang Sungai Cibodas

SDN Pasirgadung di Desa Karangwangi, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur terendam. Dampak banjir bandang luapan sungai Cibodas, Kamis (4/1).

Featured-Image
SDN Pasirgadung terendam banjir akibat luapan sungai Cibodas, Cianjur. Foto : amatir warga

bakabar.com, CIANJUR - SDN Pasirgadung di Desa Karangwangi, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur terendam. Dampak banjir bandang luapan sungai Cibodas, Kamis (4/1).

Tampak air memenuhi ruang kelas dan merendam meja dan kursi. Kedalaman air pun mencapai satu meter atau pinggang orang dewasa.

Pada saat terjadi banjir, para guru berusaha mengamankan dokumen-dokumen lengkap seperti buku, dokumen, alat elektronik dan alat tulis lainnya.

Baca Juga: Ada Tebing Longsor, Akses Jalan Dua Desa di Cianjur Terputus

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Sukma Wijaya, mengatakan akibat banjir yang melanda tiga Kecamatan di Cianjur ada satu sekolah SD yang terendam.

"Dari tiga kecamatan yang terendam banjir hanya ada satu sekolah yang terdampak yaitu SDN Pasirgadung yang berada di Kecamatan Ciranjang," tuturnya kepada bakabar.com, Jumat (5/1).

Sementara itu, kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur Aripin mengungkapkan, banjir tersebut diakibatkan adanya persimpangan air di irigasi dekat dengan sekolah.

Baca Juga: Ratusan Rumah di Tiga Kecamatan Cianjur Terendam Banjir

“Kalau banjir memang langganan, karena letak. Sekolah ada di pinggir Sungai Cibodas, jadi semacam ada pertemuan dua irigasi yang satu dari Haurwangi dan yang satu dari Bojongpicung,” terangnya.

Aripin menambahkan, para guru telah mengamankan barang-barang penting agar tidak rusak. Ia pun memastikan, saat ini air sudah mulai terlihat surut.

“Barang-barang yang sifatnya aset sudah diamankan kecuali peralatan mabeler tidak bisa terselamatkan,” tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner