Curah Hujan Tinggi

Ratusan Rumah di Tiga Kecamatan Cianjur Terendam Banjir

Ratusan rumah di tiga Kecamatan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terendam banjir akibat huran deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Kamis (4/1) siang

Featured-Image
Ratusan rumah di Cianjur terendam banjir. Foto : apahabar.com/Riski Maulana

bakabar.com, CIANJUR - Ratusan rumah di tiga Kecamatan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terendam banjir akibat huran deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Kamis (4/1) siang. 

Tiga Kecamatan tersebut yaitu Ciranjang, Bojongpicung dan Haurwangi. Wilayah Kecamatan Ciranjang menjadi wilayah terparah terdampak banjir.

Banjir tersebut terjadi akibat luapan air sungai cibodas. Selain ratusan rumah yang terendam, ratusan hektar sawah dan perkebunan juga ikut terendam.

"Saat ini petugas kita sudah di lokasi melakukan pendataan berapa rumah yang terdampak, kemungkinan yang terdampak ratusan rumah," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Sukma Wijaya.

Baca Juga: Bekasi Diguyur Hujan, Sejumlah Titik Tergenang Banjir Hingga 90 Cm

Sementara itu warga Kampung Karanggandung, Desa Mekarwangi Ali Nurdin (45) mengungkapkan, ketinggian air di wilayahnya mencapai satu meter.

"Dari siang hari airnya mulai naik sedikit-sedikit hingga sore air mulai naik merendam rumah warga di sekitar sini," ungkapnya.

Menurutnya, ini merupakan banjir terparah di wilayahnya. Sebelumnya sering terjadi banjir namun tidak separah banjir saat ini.

Baca Juga: Bogor Diguyur Hujan, Status Bendung Katulampa Siaga 4!

"Ini terparah, taun sebelumnya tidak separah ini cuman ini sangat parah kaya kejadian pas tahun 2014 lalu pernah parah kaya sekarang," katanya.

Menurutnya, saat ini para warga yang terdampak banjir mengungsi ketempat yang lebih aman. "Warga sudah mengungsi ada yang ke mushola ada juga yang kerumah sodaranya," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner