Megaproyek IKN

Sat set.. Belasan Megaproyek Swasta Di-groundbreaking Otorita IKN

Badan Otorita terus menggeber sederet megaproyek di ibu kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur Kaltim.

Featured-Image
Megaproyek IKN bakal didominasi proyek swasta senilai triliunan rupiah. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Badan otorita terus menggeber sederet megaproyek ibu kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam waktu dekat, ada belasan proyek swasta bakal di-groundbreaking.

"Insyaallah bisa sampai 10 perusahaan," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN) Agung Wicaksono di acara BNI Investor Daily Summit 2023 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat kepada bakabar.com.

Bahkan nilai investasi yang akan digelontorkan untuk groundbreaking pada pekan depan tersebut angkanya tidak main-main. Atau mencapai belasan triliunan rupiah. 

Baca Juga: Progres Terbaru IKN! Tahap Awal Capai 22,16 Persen

Asal tahu saja, sejauh ini sudah ada sederet proyek bernilai Rp23 triliun yang sudah groundbreaking di IKN. Rp20 triliun di antaranya beraal dari konsorsium.

"Dan Rp3 triliun lagi perusahaan lain, minggu depan tambahan lagi belasan triliun," ungkap Agung.

Namun, belasan triliun itu di luar dari bandara VVIP yang menggunakan APBN. Yang mana juga akan groundbreaking minggu depan.

Baca Juga: IKN Hanya Sisakan Lansia untuk Jakarta

Lantas proyek swasta apa saja yang bakal diresmikan adapekan depan? Otorita IKN memastikan itu meliputi, rumah sakit, sekolah, mal, hingga hotel.

"Insyaallah rumah sakit 2, sekolah 2. Kemudian listrik, energi terbarukan. Kemudian, mal dan hotel. Belasan triliun itu. Itu di luar bandara yang APBN," ujar Agung

Dari banyak pihak yang akan melakukan groundbreaking, semuanya merupakan investor yang berasal dari dalam negeri.

"Iya dalam negeri. Memang dalam negeri lebih sat set, itu wajar karena mereka sudah paham situasi dan sudah biasa maka mereka duluan," tandas Agung.

Editor


Komentar
Banner
Banner