Megaproyek IKN

Sandiaga Uno Klaim Miliarder Oman Tertarik Investasi di IKN

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkap seorang miliarder asal Oman menyatakan tertarik berinvestasi di Ibu Kota Nusantara

Featured-Image
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Kuin Utara, Kota Banjarmasin pada Kamis (3/8/2023). Bahaudin Qusairi

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkap seorang miliarder asal Oman menyatakan tertarik berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pernyataan itu diterima Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan di Arab Saudi.

Miliarder yang dimaksud Sandiaga adalah founder dan chairman Sobha, Puthan Naduvakkatt Chenthamaraksha Menon (PNC Menon).

"Mereka (Sobha) juga menanamkan minat untuk berinvestasi di beberapa proyek real estate di Indonesia, terutama di IKN," ujarnya dalam agenda The Weekly Brief with Sandi Uno yang terlaksana secara daring, Rabu (10/1).

Baca Juga: Sandiaga Uno Pamerkan Sederet Pembangunan Penunjang Parekraf di IKN

Biar tahu saja. PNC Menon adalah pendiri dan ketua Sobha Ltd, pengembang real estate multinasional Oman berkantor pusat di Dubai.

Di samping itu, saat berkunjung ke Saudi, Sandiaga juga melangsungkan pertemuan dengan dengan Chairman Ayana Holding, Abdullah Lahej.

Kemudian dilanjut bertemu dengan Ketua Tim Kewirausahaan dan Pendidik Uni Emirat Arab (UEA) di bidang pengembangan zona ekonomi, keberlanjutan bisnis keluarga, dan pendidikan, Dr Adil Alzarooni.

"Mereka menunjukkan bahwa minat untuk berinvestasi di Indonesia masih sangat tinggi dan kita harus bergerak cepat, bergerak bersama, dan bergerak untuk menggarap semua potensi dalam potensi  kolaborasi," katanya.

Baca Juga: Menteri Bahlil Respons Soal Investasi Wings dan Djarum di IKN

Dengan tingginya minat investor dari negara Timur Tengah ini. Sandiaga yakin Indonesia masih menjadi magnet bagi para pemodal luar negeri. Sebab, Indonesia memiliki ekonometriks yang baik. Serta kemudahan-kemudahan yang dihadirkan oleh pemerintah.

Sandiaga juga menawarkan sejumlah peluang investasi strategis di 8 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di antaranya;

KEK Mandalika di Lombok Tengah, KEK Tanjung Kelayang di Belitung, KEK Likupang di Minahasa Utara, KEK Tanjung Lesung di Pandeglang, KEK Nongsa di Batam, KEK Lido di Bogor, KEK Singhasari di Malang, dan KEK Morotai di Kepulauan Morotai.

Baca Juga: Alasan Nama Wings Group Hilang dari Konsorsium IKN

Lalu, dia menawarkan investasi di lima destinasi super prioritas seperti Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"Di salah satu pertemuan juga disampaikan minat salah satu investor untuk seorang miliuner dari asalnya India tapi berkewarganegaraan Oman dan membesarkan bisnis di Dubai ingin mengembangkan proyek-proyek properti yang ada di Indonesia terutama di IKN," terang Sandiaga.

Editor
Komentar
Banner
Banner