Tak Berkategori

Rusia Kerahkan Alat Tempur ke Tajikistan Usai AS Angkat Kaki dari Afganistan

apahabar.com, TAJIKISTAN – Rusia mengerahkan alat tempur ke Tajikistan sejak AS angkat kaki dari Afganistan yang…

Featured-Image
Militer Rusia perkuat negara Tajikistan usai AS angkat kaki dari Afganistan yang kini dikuasai Taliban. Foto-net.

bakabar.com, TAJIKISTAN – Rusia mengerahkan alat tempur ke Tajikistan sejak AS angkat kaki dari Afganistan yang kini di bawah rezim Taliban.

Utamanya peralatan tempur jarak dekat, termasuk 12 kendaraan lapis baja sebagai bagian perlengkapan pelindung. Di Tajikistan, rupanya Rusia juga menggelar latihan militer.

Langkah itu diambil Rusai untuk mendukung Tajikistan di tengah perkembangan situasi di negara tetangganya, Afghanistan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pengalihan alat tempur ke pangkalan militer mereka di Tajikistan. Secara signifikan meningkatkan kemampuan militer Tajikistan.

Reuters melaporkan Rusia khawatir tentang potensi jatuhnya wilayah tersebut. Disamping itu kemungkinan gerilyawan Islam menyusup ke Asia Tengah melalui Tajikistan, yang dilihat Moskow sebagai penyangga pertahanan selatannya.

“Dengan latar belakang ketidakstabilan yang berkembang di dekat perbatasan selatan Tajikistan, kami bekerja sama untuk memastikan keamanan negara bagian kami,” kata Mayor Jenderal Yevgeny Tsindyaikin dilansir rmol.id, Minggu (12/9).

Perbatasan Tajikistan dengan Afghanistan membentang sepanjang 1.344 km, dan sebagian besar bergunung-gunung dan sulit untuk dijaga aparat. Wilayah itu salah satu akses pintu masuk Asia Tengah.

Blak-blakan, Prancis Tolak Pemerintahan Baru Afganistan



Komentar
Banner
Banner