Peristiwa & Hukum

Rumah Warga Tegal Arum Hangus Terdampak Kebakaran Lahan di Banjarbaru

Sebuah rumah di Tegal Arum Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, terbakar, Selasa (5/9/2023).

Featured-Image
Rumah kosong terbakar di Jalan Tegal Arum Banjarbaru tepatnya belakang SPBU akses jalan Bandara Syamsudin Noor. / Rekam Layar Video Rekanan BPK Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Sebuah rumah di Tegal Arum Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, terbakar, Selasa (5/9/2023).

Rumah terbakar milik Sunil (23). Saat peristiwa kebakaran itu, ia sedang berada di luar kota. Sedangkan orang tua dan keluarga korban masih berada disekitar. 

Rumah Sunil sendiri berada di area lahan yang terbakar. Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) diperkirakan terjadi sejak pukul 13.30 Wita. 

Bangunan rumah atau pondokan yang terbakar memiliki luas kurang lebih 4 x 8 meter atau 32 meter persegi. Bangunan terbuat dari papan dan beratap seng. 

"Tidak terdapat barang berharga maupun elektronik yang ikut terbakar. Sebab sudah dilakukan evakuasi oleh keluarga pemilik pondok," ujar Kapolsek Liang Anggang, Kompol Yuda Kumoro Pardede melalui Humas, Aiptu Sugiatno, Selasa.

Api yang membakar rumah Sunil berasal dari lahan disekitarnya yang terbakar. Sebelumnya, lahan disekitar itu juga terbakar pada hari sebelumnya. 

"Pemilik lahan yang terbakar milik pembakal Mansyah dan beberapa pemiliklainnya. Penyebab kebakaran belum diketahui, masih dalam lidik. Tidak terdapat korban jiwa dalam musibah ini," tuntasnya. 

Rekanan BPK BSN, Khandar membenarkan jika api yang membakar rumah tersebut berasal dari kebakaran lahan. 

"Informasi dari rekanan BPK BSN yang di lokasi tadi penyebabnya adalah kebakaran hutan dan lahan gambut yang sudah beberapa hari lalu terbakar dan hari ini mengenai satu buah rumah kosong," jelasnya. 

Sampai saat ini, lanjutnya rekanan relawan gabungan masih melakukan pembasahan pada area kebakaran agar tidak meluas. 

Baca Juga: Rumah Kosong Belakang SPBU di Tegal Arum Banjarbaru Ludes Dilalap Api

Editor


Komentar
Banner
Banner