Kembar Siam

RS Hasan Sadikin Bandung Lakukan Operasi Kembar Siam ke-12

RS Hasan Sadikin Bandung berhasil melakukan operasi pemisahan kembar siam, Hasan dan Husein. Bayi asal Subang itu mengalami dempet dada dan perut.

Featured-Image
RSHS Bandung melakukan operasi Conjoint Twint Thoraco-omphalopagus atau pemisahan kembar siam ke-12. Foto: dok Humas RSHS Bandung

bakabar.com, BANDUNG - Rumah Sakit Dr Hasan Sadikin Bandung berhasil melakukan operasi pemisahan kembar siam, Hasan dan Husein (13 bulan). Bayi asal Subang, Jawa Barat itu mengalami dempet di bagian dada dan perut.

"Istilah medisnya, Conjoint Twint Thoraco-omphalopagus," kata Ketua Tim Penanganan Bayi Kembar Siam RSHS, dr Dikky Drajat, SpBA.

Operasi itu dilakukan kemarin, Senin (23/10). Operasi kali ini merupakan ke-12 kalinya dari total 27 kasus bayi kembar siam yang ditangani RSHS dalam 10 tahun terakhir.

Baca Juga: Edarkan Sabu dan Ribuan Ekstasi, Ibu dan Anak di Bandung Ditangkap

Baca Juga: Pengemudi Mobil Seret RX King Sejauh 5 Km di Bandung Jadi Tersangka

Operasi memakan waktu 6 hingga 12 jam. Meliputi fase rekonstruksi dan pemberian anestesi.

Menurut Dikky, organ dalam bayi kembar siam yang dempet pada jaringan liver dan biasanya menempel juga selaput jantung. Tingkat kesulitan yang tinggi ada pada pemisahan jaringan liver.

"Dengan keahlian kami, insyaallah teratasi," terang dia.

Penanganan kembar siam ini melibatkan berbagai multidisiplin dalam bidang kedokteran. Yakni dokter spesialis anestesi, spesialis bedah anak, spesialis bedak thorax, spesialis bedah plastik, spesialis anak, spesialis jiwa, spesialis rehabilitasi medik, dan radiologi.

Editor


Komentar
Banner
Banner