Tak Berkategori

Rizal Akui Eranya Sulit Kembangkan Perusahaan Daerah di Balikpapan

apahabar.com, BALIKPAPAN – Hanya mampu memberikan kontribusi Rp17 juta setiap tahun, Rizal Effendi mengakui, eranya sebagai…

Featured-Image
Rahmad Masud, Wali Kota Balikpapan terpilih. Foto-Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN - Hanya mampu memberikan kontribusi Rp17 juta setiap tahun, Rizal Effendi mengakui, eranya sebagai Wali Kota sulit mengembangkan Perusahaan Daerah di Balikpapan.

Rizal berharap, Perusda ke depan akan lebih ditangani Wali Kota Balikpapan terpilih, Rahmad Masud. Rahmad, menurut Rizal, pastinya akan melakukan revitalisasi, alias bongkar habis jajaran direksi maupun bidang yang ada.

“Jangan lihat yang lalu-lalu, lihat ke depannya saja. Nanti di era Wali Kota Balikpapan yang baru, Perusda akan direvitalisasi, semoga bisa menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara Rahmad Masud memastikan pemanfaatan Perusda untuk menunjang pembangunan Balikpapan. Ia sudah mempunyai gambaran dalam pengelolaan Perusda nantinya. Salah satunya bersinergi dengan pengusaha lokal untuk bersama-sama mengembangkan Kota Balikpapan.

“Tentunya Perusda akan kita manfaatkan dan tentunya bersinergi dengan pengusaha lokal di Balikpapan. Jadi jangan takut bahwa kehadiran Perusda nanti akan mengambil lahan mereka itu salah. Mindset itu yang harus diubah. Justru mindset Perusda dengan pengusaha lokal bersinergi untuk menjadi tuan rumah di kota kita sendiri,” katanya saat ditemui di kantor Pemkot Balikpapan, Senin (5/4).

Kehadiran Perusda juga akan menunjang Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Rahmad tak ingin pengusaha dari luar kota yang justru mendominasi dalam segmen apapun.

“Nah kita persiapkan, Kota Balikpapan ini kota jasa dan perdagangan jangan sampai pemain luar lagi yang mendominasi untuk kesiapan Ibu Kota Negara nanti," ungkapnya.

Tak hanya itu, Perusda di era Rahmad Masud juga akan diperluas lagi bidang yang lain, dari transportasi laut hingga kawasan industri di Kariangau.

“Tentunya akan ada perluasan bidang usaha lain seperti transportasi laut, kemudian kepelabuhanan, pergudangan, kawasan industri, artinya nanti kehadiran Perusda itu bersinergi. Jadi nanti payungnya Perusda juga memudahkan pengusaha-pengusaha lokal untuk bisa menjadi pelaku di rumahnya sendiri. Itu harapan kita ke depan.” terangnya.

Ditanya bagaimana Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengisi jajaran direksi Perusda? Rahmad mengatakan, semua pihak boleh untuk mengajukan diri untuk masuk ke jajaran direksi. Hanya saja tetap melalui proses assessment.

“SDM sendiri insyaAllah. Persiapan kita juga nanti akan assessment semua warga kota Balikpapan yang memiliki potensi dan memiliki kemampuan bisa untuk mencalonkan atau ikut menjadi direksi di Perusda nanti,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner