Kalsel

Ribuan Rapid Test Disebar, Ratusan Warga Kalsel Reaktif Covid-19

apahabar.com, BANJARMASIN – Ancaman Covid-19 belum usai. Buktinya, ratusan warga reaktif Covid-19, sekalipun per sore tadi…

Featured-Image
Ilustrasi rapid tes Covid-19. Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Ancaman Covid-19 belum usai.

Buktinya, ratusan warga reaktif Covid-19, sekalipun per sore tadi tidak ada penambahan kasus di Kalimantan Selatan.

Gugus Tugas Percepatan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan terus berupaya memasifkan pengujian secara cepat melalui Rapid Test.

Ribuan alat tes cepat yang sebagian besar merupakan bantuan langsung dari Kementerian Kesehatan RI sudah didistribusikan ke penjuru Bumi Lambung Mangkurat.

“Untuk pengujian secara cepat, Gugus Tugas telah mendistribusikan 6.260 Rapid Test ke-13 kabupaten/kota,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam keterangan resminya kepada bakabar.com, Sabtu (2/5) sore.

Dari seluruh alat rapid test yang disebar, di Dinas Kesehatan maupun rumah sakit se-Kalsel, Gugus Tugas telah menerima sebanyak 3.917 laporan. Hasilnya, 619 reaktif atau sebesar 15,80 persen.

“Dari 3.917, 619 di antaranya menunjukkan hasil yang reaktif,” sebut Muslim.

Untuk mengidentifikasi kasus positif, tim surveilans melakukan penelusuran atau pelacakan (tracking) terhadap kontak-kontak erat maupun kluster-kluster perjalanan tertentu.

Diwartakan sebelumnya, kluster perjalanan ke Gowa menjadi penyumbang tertinggi dalam kasus pasien positif di Kalsel.

“Hasil-hasil tracking inilah dilakukan tindak lanjut untuk pengambilan swab. Kemudian tata laksana yang dilakukan adalah karantina khusus maupun isolasi secara mandiri,” jelas dia.

Upaya tersebut terus gencar dilakukan dengan memasifkan pengujian maupun pelacakan terhadap kontak-kontak yang telah teridentifikasi.

Setelah dilakukan testing dengan Rapid Test, tahapan selanjutnya konfirmasi melalui pemeriksaan PCR dengan pengambilan spesimen swab pasien.

Untuk diketahui, perkembangan hari ini menunjukkan hasil nihil pada kasus positif Covid-19 di Kalsel.
Jumlah pengidap Covid-19 di Kalsel masih bertahan di angka 179 kasus, di mana 38 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan 107 sisanya melakukan isolasi mandiri atau karantina khusus.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner