Opini

Nilai-Nilai Pancasila dalam Pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul

Setiap mendekati bulan Rajab di Tahun Hijriyah seluruh warga di Provinsi Kalimantan Selatan bahkan Kalimantan Tengah memulai persiapan event besar

Featured-Image
Camat Upau Tabalong, Agustian (paling kanan) bersama Kelompok I Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Tahun 2024 LAN RI Samarinda

SETIAP mendekati bulan Rajab di Tahun Hijriyah seluruh warga di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bahkan Kalimantan Tengah (Kalteng) memulai persiapan event besar pelaksaan Haul Abah Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani.

Mengingat kegiatan haul ini merupakan salah satu haul terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara dengan jumlah jemaah haul mencapai 3,3 juta orang pada 2023.

Tidak hanya relawan yang tergabung dalam Posko Induk Ar Raudhah, tapi semua Posko Relawan tiap Kabupaten/Kota juga bersiap dan menunggu arahan dari Posko Induk di Sekumpul Martapura tersebut. 

Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Instansi lintas vertikal semua berbenah dan bersiap menjelang pelaksanaan ini.

Acara puncak di Musala Ar Raudhah Sekumpul dilaksanakan pada tanggal 5 Rajab atau Malam Senin.

Dalam pelaksanaannya di H-7 sampai H+7 acara puncak semua relawan dan pemerintah bahu-membahu melakukan persiapan pelaksanaan dan pasca pelaksanaan.

Persiapan dilakukan dari urusan transportasi, penginapan, konsumsi, sampah, keamanan dan semua kegiatan yang terkait pelaksanaan haul tersebut.

Dari pelaksanaan haul itu kita melihat cerminan nilai-nilai Pancasila terealisasi dalam perbuatan, kita melihat mayoritas warga dari seluruh Kalimantan Selatan bahkan Kalimantan Tengah membuka rest area bagi jemaah haul dan juga menyediakan makan gratis, pijat gratis bahkan BBM gratis.

Selain itu juga ini tidak hanya terbatas untuk jemaah haul, bahkan saudara kita yang non muslim bisa memanfaatkan rest area tersebut.

Kegiatan haul ini juga mencerminkan sisi kemanusiaan yang sangat tinggi dari Abah Guru Sekumpul. Mereka tergerak untuk menjadikan ini sebagai momentum pemersatu umat dan bangsa. 

Ingin menunjukkan “Asian Value” yang selama ini dipandang miring, selain itu juga kegiatan haul ini mampu menjaga marwahnya dari kegiatan politik dan kepentingan lainnya.

Oleh : Kelompok I Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Tahun 2024 LAN RI Samarinda

-----

*Artikel ini merupakan opini, dikirim oleh pembaca setiap bakabar.com.

Editor


Komentar
Banner
Banner