Ramadan 2023

Ribuan Personel Diterjunkan Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya bersama TNI, Polri, hingga Garnisun menerjunkan ribuan personel mengantisipasi gangguan keamanan dan keterbitan masyarakat (Kamtibmas)

Featured-Image
Pemkot Surabaya dan TNI serta Polri saat operasi cipta kondisi Ramadan demi menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Surabaya, Sabtu (25/3) malam. Foto: apahabar.com/Freddy Arsenio

bakabar.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya bersama TNI, Polri, hingga Garnisun menerjunkan ribuan personel mengantisipasi gangguan keamanan dan keterbitan masyarakat (Kamtibmas) selama bulan Ramadan.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan tim gabungan dikerahkan setiap hari, namun pada akhir pekan ribuan personel lebih diperbanyak untuk menekan potensi gangguan kamtibmas.

"Jadi, untuk malam ini kita gelar operasi asuhan rembulan skala besar karena di awal bulan Ramadan ini sudah mulai muncul kegiatan anak-anak yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum," kata Eddy, Sabtu (25/3).

Baca Juga: Marak Aksi Tawuran Saat Ramadan, Polres Bogor Gelar Patroli Setiap Malam

"Saat ini yang lagi tren adalah perang sarung seperti tadi malam kita temukan perang sarung antar kelompok, makanya nanti kita akan gelar operasi gabungan skala besar," sambung dia.

Ia menerangkan operasi dibagi menjadi empat tim yang terbagi menjadi wilayah timur, barat, selatan dan utara. Bahkan, sekitar 31 kecamatan se-Kota Surabaya juga akan dilakukan operasi serupa di wilayah mereka masing-masing.

"Untuk malam ini, yang operasi skala kota, kita akan kerahkan sekitar 400 personil lebih dari Satpol PP, BPBD, Dishub, PMK, dan juga dari TNI-Polri, serta Garnisun," sebut dia.

Baca Juga: Hendak Tawuran, 3 Remaja dengan Sajam Diamankan Polsek Sukaraja

"Sedangkan yang di tingkat kecamatan, mereka akan bergerak bersama Polsek dan Koramil setempat, jumlahnya perkecamatan sekitar 30 personil, jadi nanti akan ada sekitar 930 personil yang di tingkat kecamatan, kalau ditotal semuanya ribuan yang akan turun serentak nanti malam," lanjutnya.

Baca Juga: Tawuran Palmerah Makan Korban, Pemuda Tewas Dibacok Jelang Sahur

Eddy mengungkapkan operasi akan digelar sekitar pukul 23.00 WIB karena mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas pada dini hari selama Ramadan. 

"Dari pengalaman hari pertama Ramadhan sampai tadi malam, ada beberapa titik yang menjadi konsentrasi kita, terutama nanti akan difokuskan di titik-titik perbatasan," imbuh dia. 

"Mari kita sama-sama menjaga Kota Surabaya supaya selalu aman dan tentram," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner