Hot Borneo

Ribuan Jemaah Salat Iduladha 1444 Hijriah di Masjid Jami Banjarmasin

Sejumlah umat muslim di Kota Banjarmasin beramai-ramai ke Masjid Jami, Sungai Jingah, untuk melakukan salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6).

Featured-Image
Sejumlah umat muslim di Kota Banjarmasin beramai-ramai ke Masjid Jami, Sungai Jingah, untuk melakukan salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6). Foto-apahabar.com/Amrullah

bakabar.com, BANJARMASIN - Sejumlah umat Muslim di Kota Banjarmasin beramai-ramai ke Masjid Jami, Sungai Jingah, untuk melaksanakan Salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6/2023).

Pantauan bakabar.com di lokasi, saking padatnya, sejumlah jemaah terpaksa menggelar sajadah hingga ke pinggir jalan Sungai Jingah. Kendati begitu, mereka pun tampak khusyuk saat mengikuti Salat Iduladha.

Salah satu jemaah, Jusni (40) warga Kalimantan Barat mengaku senang bisa mengikuti salat Iduladha di Masjid Jami.

"Alhamdulillah saya bisa salat di Masjid yang megah ini, karena saya sekalian mengantar anak saya ke Pemangkih," ujar Jusni kepada bakabar.com.

Jusni juga mengungkapkan tata cara Salat Iduladha di Kalsel dengan Kalbar tidak ada perbedaan. Namun usai salat, ia mengatakan tidak ada pemukulan beduk di tempatnya berasal.

"Tidak ada perbedaan, yang jelas Iduladha itu kan hari rayanya kurban, seluruh dunia sama meleksanakannya," bebernya.

"Tapi seperti Iduladha di sini ada pemukulan beduk, kalo di sana (Kalbar) tidak ada, itu aja sih perbedannya," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Jami Banjarmasin, H Noor Mansyah mengatakan, 4 ribu jemaah yang mengikuti salat Iduladha di Masjid Jami.

"Secara keseluruhan mungkin 4 ribu jemaah, karena di luar halaman Masjid Jami masih ada orang untuk mengkuti salat," katanya.

Ia juga mengungkapkan di tahun 2023 tidak ada kendala saat salat Iduladha di Masjid Jami tersebut.

"Alhamdulillah aman semuanya dan berjalan lancar, ini juga dibantu oleh aparat kepolisian dan ke amanan setempat," cetusnya.

Selain itu, Ketua Remaja Masjid Jami Banjarmasin, Gusti Firmansyah juga mengungkapkan, ada belasan sapi yang berkurban.

"Disni kurang lebih 16 sapi untuk di kurbankan, sementara ini masih melkukan penyembelihan," timpalnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner