Pemkab Tanah Bumbu

Rest Area Kintap, Tempat Singgah Jemaah Haul Guru Sekumpul dari Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Seperti di banyak tempat lainnya, di jalan nasional dari Batulicin menuju Banjarmasin juga…

Featured-Image
Rest Area di Desa Kintapura, Kabupaten Tanah Laut. Foto-apahabar.com/Puja Mandela

bakabar.com, BATULICIN – Seperti di banyak tempat lainnya, di jalan nasional dari Batulicin menuju Banjarmasin juga terdapat rest area untuk jemaah Haul Guru Sekumpul.
Di Desa Kintapura, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, misalnya. Sejumlah warga menyediakan tempat istirahat untuk jemaah haul yang datang dari Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.

Di rest area itu, selain menyediakan tempat istirahat, juga menyediakan makanan dan minuman gratis. Para jemaah yang datang dari Tanbu dan Kotabaru pun cukup banyak yang mampir untuk beristirahat.

“Rest area ini jelas sangat membantu. Apalagi ada makanan gratisnya,” ujar Helmie, jemaah haul asal Tanbu, kepada bakabar.com, Sabtu (9/3/2019).

Baca Juga:Melihat Abah Guru Sekumpul di Youtube, Ulama Asal Afrika Ini Hadiri Haul

Helmie mengatakan, Haul Guru Sekumpul adalah momen religius yang menyatukan persaudaraan, terutama umat Islam. Itu dibuktikan dengan keramahan yang ditunjukkan setiap orang saat beristirahat di rest area Desa Kintapura.

Tak jauh dari rest area tersebut juga terdapat tempat lain yang menjadikan masjid sebagai tempat istirahat. Ada pula yang memberikan layanan pompa ban gratis untuk jemaah haul.

Menurut Udin, salah satu relawan, semua itu dilakukan dengan ikhlas. Ia hanya berharap mendapat berkah dari Syekh Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul. “Kami cuma ingin mendapatkan barokahnya,” katanya.

Para relawan yang menyediakan rest area bisa mengenali jemaah haul dari stiker yang memang dibuat khusus untuk masyarakat yang akan menghadiri Haul Guru Sekumpul. Di stiker tersebut tertulis kota asal dari masing-masing jemaah.

Haul sendiri akan dilaksanakan mulai Sabtu (9/3) malam ini. Sementara puncaknya Minggu (10/3) malam. Haul Guru Sekumpul dilaksanakan Musholla Ar Raudhah, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Ajak ke Haul Guru Sekumpul, Wali Kota Banjarmasin juga Minta CCTV Terminal Pal 6 Dipasang

Reporter: Puja Mandela
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner