Nasional

Respons DLH Kalsel soal Maraknya Tambang Ilegal di HST

Baru-baru ini ditemukan tambang batu gunung ilegal di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Featured-Image
Pertambangan batu gunung ilegal di salah satu desa di Kabupaten HST. Foto-Sekdakab HST

bakabar.com, BANJARBARU - Baru-baru ini ditemukan tambang batu gunung ilegal di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, pun angkat bicara. Ia mengaku telah menerima surat dari Sekdakab HST terkait adanya penambangan batu gunung ilegal di kabupaten tersebut.

"Kami menerima surat tembusan itu yang ditujukan kepada Kepala Dinas ESDM Kalsel per tanggal 14 Agustus 2023," kata Hanifah, Selasa (29/8).

Dari surat itu, diketahui ada satu lokasi tambang batu gunung ilegal di Desa Nateh dan empat lokasi di Desa Tembilang Kecamatan Batang Alai, Kabupaten HST.

Dari data rencana tata ruang wilayah (RTRW) HST, lokasi itu tidak termasuk peruntukan pertambangan, galian c dan sebagainya.

"Saat ini kami juga melakukan koordinasi dengan DLH kabupaten secera intens dalam persoalan ini," katanya.

"Sampai saat ini, kami belum pernah mengeluarkan SKKL (surat keputusan kelayakan lingkungan) untuk pertambangan batu gunung di lokasi itu," tandas Hanifah.

Baca Juga: Jangan Panik! BMKG Ralat Gempa Tanah Bumbu Jadi Gempa Lombok Magnitudo 7,1

Sementara Plt Kabid Minerba pada Dinas ESDM Kalsel, Endarto belum menjawab wawancara yang dilayangkan bakabar.com.

Sebelumnya, maraknya aktivitas penambangan batu gunung yang diduga ilegal tersebut menuai banyak reaksi dari masyarakat, dikarenakan banyak merugikan.

Atas laporan itu, Pemerintah Kabupaten HST melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) HST bergerak menindaklanjuti hal tersebut dengan melayangkan surat yang ditujukan ke pihak ESDM Kalsel yang ditandatangani Sekda HST, M Yani.

Baca Juga: Dua Nakes RSD Idaman Banjarbaru Raih Penghargaan Teladan Tingkat Nasional, Wali Kota: Membanggakan! 

Plt Kadis DLHP HST, Mursyidi melalui Kabid Tata Lingkungan DLHP HST, Haikal membenarkan adanya laporan tersebut.

"Ya, benar. Kita menerima laporan dan masyarakat terkait adanya dugaan tambang batu gunung secara ilegal di beberapa wilayah di HST," ungkapnya.

Haikal menjelaskan terkait dengan laporan itu, perwakilan dari DLHP HST, telah melayangkan surat yang ditandatangani Sekda HST, M Yani ke ESDM Kalsel.

Editor


Komentar
Banner
Banner