transfer pemain

Resmi Gabung Chelsea tapi Malo Gusto Baru Main Musim Depan, Kenapa?

Chelsea telah menyelesaikan penandatanganan pemain bek kanan Olympique Lyon, Malo Gusto di bursa transfer Januari, namun belum bisa memakai jasanya.

Featured-Image
Chelsea resmi dapatkan tanda tangan Malo Gusto, bek muda asal Prancis dari klub Olympique Lyon. (Foto: dok. chelseafc)

bakabar.com, JAKARTA - Chelsea telah menyelesaikan penandatanganan pemain bek kanan Olympique Lyon, Malo Gusto di bursa transfer Januari, namun belum bisa memakai jasanya hingga akhir musim.

The Blues menyepakati nilai transfer sejumlah 35 juta euro ditambah bonus 5 juta euro selama durasi kontrak hingga 2030 mendatang untuk Gusto.

Selain itu, Chelsea juga sepakat untuk tetap meminjamkan bek berusia 19 tahun tersebut di Lyon hingga Liga Prancis musim 2022/2023 berakhir.

Meski dikabarkan sedikit keberatan, peminjaman Malo Gusto di Lyon hingga akhir musim merupakan satu-satunya cara untuk mencapai kesepakatan.

Baca Juga: Instruktur Pengamanan Inggris Datangi Laga Persija Vs Persikabo di Chandrabaga

Presiden Lyon, Jean-Michel Aulas bersikeras pemain muda jebolan akademi klub tetap bertahan di Prancis hingga Juni mendatang.

“Bek [Malo Gusto] sekarang akan melanjutkan kemajuan mengesankannya dengan status pinjaman [di Lyon] sebelum bergabung dengan The Blues di musim panas menjelang musim baru,” ujar pernyataan tertulis Chelsea dikutip dari bbc.

Gusto tiba di Olympique Lyon pada usia 14 tahun sebagai binaan akademi junior klub.

Dirinya kemudian menandatangani kontrak profesional pertamanya pada Desember 2020, dan memainkan laga perdana di Liga Prancis dengan melawan Saint-Etienne, Januari 2021.

Baca Juga: Capai Kesepakatan dengan Pedro Porro, Tottenham Pantau Jordan Pickford

Sejak saat itu, pemain yang kini berusia 19 tahun itu sudah menjalani 77 pertandingan bersama Lyon di semua kompetisi, dan menjadi incaran Didier Deschamps untuk mewakili tim nasional Prancis.

Di musim sini, Gusto sudah melakoni 15 penampilan bersama Lyon dan membantu klub tersebut bertahan di posisi kesembilan Liga Prancis.

Gusto hanya memiliki 18 bulan tersisa di kontraknya bersama Lyon dan ingin segera bergabung dengan tim asuhan Graham Potter.

Berakhirnya kerja sama dengan Malo Gusto merupakan pukulan telak bagi Lyon. Pihak klub bahkan menyatakan rasa menyesal karena tidak dapat mempertahankan Gusto, meski senang tetap dibantu hingga akhir musim.

Baca Juga: Jelang Brighton Vs Liverpool di Piala FA, Jurgen Klopp Akui Kesulitan

“Olympique Lyonnais menyesal tidak bisa menjaga salah satu harapan besarnya dilatih di akademi, tetapi tetap senang bisa mengandalkannya selama paruh kedua musim ini,” tulis Lyon di laman resmi klub.

Chelsea merupakan salah satu klub yang paling aktif dalam bursa transfer tengah musim ini.

Sebelum Malo Gusto, klub miliki Todd Boehly sudah mendatangkan Noni Madueke, Mykhailo Mudryk, David Datro Fontana, Andrey Santos dan Benoit Badiashile dengan kontrak permanen, dan Joao Felix sebagai pemain pinjaman dari Atletico Madrid.

Editor


Komentar
Banner
Banner