Sport

Resmi! FIFA Umumkan Piala Dunia Antarklub Diikuti 32 Klub Pada 2025

FIFA mengumumkan perubahan format baru pada gelaran Piala Dunia Antarklub yang akan diikuti sebanyak 32 tim yang dimulai pada edisi 2025 mendatang

Featured-Image
Tropi Piala Dunia Antarklub (Foto: dok. FIFA)

bakabar.com, JAKARTA –FIFA mengumumkan bahwa Piala Dunia Antarklub tahun 2025 mendatang akan diikuti sebanyak 32 tim.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino yang mengatakan Piala Dunia Antarklub akan mengusung format baru.

Lebih lanjut, dirinya pun menambahkan kalau nantinya pada gelaran Piala Dunia Antarklub pada 2025 mendatang akan diikuti sebanyak 32 tim.

“Kami telah sepakat beberapa tahun yang lalu untuk memiliki 24 tim baru Piala Dunia Antarklub putra. Itu seharusnya terjadi pada 2021 tetep ditunda karena Covid,” kata Infantino dikutip dari

“Format baru akan berlansung pada 2025 dan akan menampilkan 32 tim, membuatnya benar-benar seperti Piala Dunia,” tambahnya.

Baca Juga: Tim Jagoannya Tersingkir, Erick Thohir Dukung Argentina Juara Piala Dunia 2022

Gianni mengatakan, format baru tersebut akan mulai diterapkan pada 2025, di mana nantinya 32 klub tersebut akan dibagi ke dalam delapan grup berbeda.

Nantinya di format yang baru, terdapat perwakil dari CONMEBOL (Amerika Selatan), UEFA (Eropa), CAF (Afrika), AFC (Asia), CONCACAF (Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia), dan OFC (Oseania).

Sekedar informasi, saat ini Piala Dunia Antarklub masih menggunakan format lama yang diikuti oleh tujuh tim.

Tujuh tim yang bertandingan di Piala Dunia Antarklub itu merupakan enam klub juara Liga Champions dari masing-masing benua. Dan satu klub lainnya adalah tuan rumah.

Tidak hanya itu, Gianni Infantino juga memastikan gelaran Piala Dunia Antarklub tahun 2022 akan digelar di Maroko.

Baca Juga: Jelang Final Piala Dunia 2022, Hugo Lloris Menuju Sejarah

Edisi Piala Dunia Antarklub 2022 ini akan mulai digelar pada 1-11 Februari tahun 2023 mendatang.

Sebelumnya, gelaran tertinggi kompetisi klub dunia itu harus mundur dari jadwal yang seharusnya digelar pada Desember tahun ini.

Hal tersebut terjadi lantaran jadwal Piala Dunia 2022 yang dihelat pada November membuat jadwal berubah dari pada biasanya.

Tujuh klub yang akan berlaga di Piala Dunia Antarklub di tahun ini yakni Flamengo, Real Madrid, Wydad Casablanca, Aukland City, dan Al Ahly.

pada gelaran Piala Dunia Antarklub di edisi terakhir, tim raksasa Liga Inggris, Chelsea berhasil menjadi kampiun digelar kompetisi klub dunia tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner