Pemkab Barito Kuala

Resmi Dilepas Penjabat Bupati, Berikut Rute Tour de Barito Kuala 2023

Tak lama seusai matahari menyembul dari ufuk timur, Sabtu (28/10), ratusan peserta kategori road bike Tour de Barito Kuala (Batola) 2023 langsung berjibaku menc

Featured-Image
Penjabat Bupati Barito Kuala, Mujiyat, mengibarkan bendera start kategori road bike Tour de Batola 2023 di Lapangan 5 Desember Marabahan, Sabtu (28/10). Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

bakabar.com, MARABAHAN - Tak lama seusai matahari menyembul dari ufuk timur, Sabtu (28/10), ratusan peserta kategori road bike Tour de Barito Kuala (Batola) 2023 langsung berjibaku mencari gelar juara.

Pelepasan dilakukan Penjabat Bupati Batola, Mujiyat, sekitar pukul 07.30 Wita bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Lapangan 5 Desember Marabahan.

Edisi keempat event bersepeda di Bumi Selidah ini diselenggarakan Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) dan KONI Batola. Diikuti 332 peserta kategori road bike dan ratusan peserta kategori fun bike.

Tak hanya dari berbagai kota dan kabupaten di Kalimantan Selatan. Sejumlah peserta juga datang dari kota dan kabupaten di provinsi lain.

Mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Yogyakarta dan Sulawesi Barat.

"Selamat berlomba kepada seluruh peserta. Kami berharap melalui Tour de Barito Kuala, juga membuat Batola semakin dikenal melalui sport tourism," ungkap Mujiyat.

Adapun road bike akan menempuh rute sepanjang 120 kilometer. Selepas start dari Lapangan 5 Desember, mereka langsung menuju Kecamatan Jejangkit melalui Desa Sungai Bamban di Kecamatan Rantau Badauh.

Selanjutnya bergerak menuju Jalan Banjarmasin-Marabahan via Ray 7 Desa Tabing Rimbah di Kecamatan Mandastana, sebelum kembali ke Marabahan.

Setibanya di Marabahan, peserta hanya melewati Lapangan 5 Desember untuk menuju Desa Tabukan Raya, Kecamatan Tabukan, melalui Jalan Putri Junjung Buih. 

Kompetisi sesungguhnya akan berlangsung sejak Tabukan Raya yang dimulai sekitar pukul 13.15 Wita, hingga finis kembali di Lapangan 5 Desember Marabahan.

Adapun fun bike hanya akan menempuh jarak 30 kilometer. Start dari Lapangan 5 Desember, kemudian menuju Desa Kolam Kanan di Kecamatan Barambai.

Setibanya di Pasar Minggu atau Desa Kolam Kiri, peserta menuju Pasar Senin di Desa Kolam Kiri Dalam, dan kembali ke Lapangan 5 Desember melalui Desa Pendalaman.

Sebagai kelas bergengsi, road bike menyediakan hadiah uang dengan total Rp150 juta. Sedangkan fun bike menyediakan door prize utama berupa satu unit sepeda motor, sepeda dan berbagai produk elektronik.

Editor


Komentar
Banner
Banner