Rekomendasi Film Ibu

Rekomendasi Film Perjuangan Seorang Ibu, dari Thriler hingga Komedi

Rekomendasi tontonan untuk merayakan hari ibu, mulai dari thriller, action, komedi hingga penuh haru.

Featured-Image
Rekomendasi Film Bertema Perjuangan Ibu. Foto: IMDb

bakabar.com, JAKARTA - Rekomendasi tontonan untuk merayakan hari ibu, mulai dari thriller, action, komedi hingga penuh haru.

Hari ibu diperingati tiap tanggal 22 Desember tiap tahunnya. Hari ini didedikasikan atas jasa dan kasih sayang seorang ibu yang tiada henti sepanjang masa.

Menyambut hari ibu tahun ini, tak ada salahnya untuk menengok sedikit pada film-film yang menceritakan kisah tentang sosok ibu yang penuh perjuangan dan derai haru di dalamnya.

Berikut rekomendasi film bertema tentang ibu yang wajib ditonton sendiri atau bersama keluarga lainnya.

Changeling (2008)

Changeling Sebuah Film Perjuangan Ibu yang Mencari Anaknya yang Hilang. Foto: IMDb
Changeling Sebuah Film Perjuangan Ibu yang Mencari Anaknya yang Hilang. Foto: IMDb

Diangkat dari kisah nyata, menceritakan tentang Christine Collins (Angelina Jolie) seorang ibu tunggal yang kehilangan anak laki-laki berusia sembilan tahun bernama Walter Collins (Gattlin Griffith).

Berdurasi 141 menit, film ini hadirkan perjuangan Christine mencari sang putra yang dibantu oleh pihak kepolisian setempat. Penyelidikan terjadi selama beberapa bulan, Christine dan polisi masih mencari hingga suatu hari polisi menemukan sosok yang dianggap sebagai Collins.

Saat dipertemukan dengan Walter, Christine justru berkata 'Itu bukan anakku' dan membuat semua pihak kebingungan atas perkataannya. Dan menemukan banyak kejanggalan dari sang anak.

Film ini disutradarai oleh Clint Eastwood dan ditulis oleh J. Michael Straczynski. Kisah ini dikatakan sebagai 'masa kelam' dair kepolisian setempat yang dianggap tidak dapat menyelesaikan kasus tersebut.

Emak Ingin Naik Haji (2009)

Emak Ingin Naik Haji, Sebuah Film Perjuangan Ibu Ingin Menunaikan Ibadah Haji. Foto: IMDb
Emak Ingin Naik Haji, Sebuah Film Perjuangan Ibu Ingin Menunaikan Ibadah Haji. Foto: IMDb

Dinyatakan sebagai Film Favorite di IMA Award 2010 dan mendapatkan 6 nominasi di Festival Film Indonesia 2009. Film ini menjadi populer di Indonesia saat itu, diangkat dari cerita pendek karangan Asma Nadia.

Menceritakan kisah Emak (Aty Cancer Zein), seorang perempuan lanjut usia dengan kepribadian yang baik dan agamis, yang sangat ingin menunaikan ibadah haji. Sayangnya, ia tidak memiliki cukup biaya untuk mewujudkan keinginannya.

Film ini kental akan kegigihan sosok Ibu dan anak yang sangat erat, serta nilai-nilai sosial mengenai ibadah Haji yang kerap terjadi di masyarakat.

Ali & Ratu-Ratu Queens (2021)

Ali & Ratu-Ratu Queens. Foto: IMDb
Ali & Ratu-Ratu Queens. Foto: IMDb

Film ini ditulis oleh Gina S. Noer, dengan ide cerita yang disampaikan langsung oleh sang produser Muhammad Zaidy, menggandeng sutradara Lucky Kuswandi, Ali and Ratu-Ratu Queens hadirkan cerita menarik dengan segala lelucon yang seru.

Menceritakan sosok Ali, remaja 17 tahun yang mencari ibu kandungnya di New York, Amerika Serikat. Ia dipertemukan oleh ibu-ibu asal tanah air yang menetap di Queens, Party, Biyah, Ance dan Chintia akan siap menemani Ali dan petualangannya disana.

Dibintangi banyak aktor terkenal tanah air seperti Iqbaal Ramadhan, Nirina Zubir, Asri Welas, Tika Panggabean, Happy Salma dan masih banyak lagi.

Instant Family (2018)

Instant Family, Film Bertema Ibu dan Keluarga dengan Genre Drama Komedi. Foto: Prime Video
Instant Family, Film Bertema Ibu dan Keluarga dengan Genre Drama Komedi. Foto: Prime Video

Bergenre drama komedi yang diadaptasi pada kisah nyata Sean Anders sang penulis dan sutradara, saat dirinya mengadopsi tiga anak sekaligus bersama sang istri, Beth.

Instant Family mengisahkan Pete (Tom Segura) dan sang istri Ellie Wanger (Allyn Rachel), memutuskan mengadopsi tiga orang anak untuk mengusir rasa sepi di rumah mereka.

Setelah perbincangan panjang, keduanya sepakat mengadopsi seorang anak remaja bernama Lizzie (Isabela Moner), yang ternyata memiliki dua adik, Juan (Gustavo Quiroz) dan Lita (Julianna Gamiz).

Tantangan menghadapi kenakalan remaja dengan masa lalu kelam membuat suasana naik turun dan tak lupa komedi yang menggelak tawa penonton, film ini hadirkan pesan mendalam kehadiran sosok orang tua dan anak.

Lady Bird (2017)

Lady Bird. Foto: IMDb
Lady Bird. Foto: IMDb

Mengangkat hubungan kurang harmonis antara ibu dan anak perempuannya. Chistine, seorang siswi SMA dengan nama panggilan Lady Bird, yang bercita-cita terbang jauh dan merasakan kebebasan dari kekangan orang tua.

Tapi beban ekonomi membuat Lady Bird harus mengubur impiannya untuk berkuliah di Sacramento. Sehingga pertengkaran keduanya pun terjadi.

Gretta Gerwig berhasil membawa alur film dengan sangat baik dan relate dengan keadaan ibu dan anak perempuannya melalui konflik-konflik yang tersajikan.

Athirah (2016)

Poster Film Athirah. Foto: IMDb
Poster Film Athirah. Foto: IMDb

Disutradarai oleh Riri Riza yang turut menulis skenario untuk film ini bersama Salman Aristo. Film ini diadaptasi dari biografi dari sosok ibu Wakil Presiden RI ke-10, Jusuf Kalla, yang ditulis oleh Alberthiene Endah.

Kisah perjuangan Athirah untuk mempertahankan keutuhan keluarganya dalam budaya dimana perempuan harus bersedia berbagi suami, Athirah bergulat melawan perasaannya demi mempertahankan keutuhan keluarganya.

Film ini dibintangi oleh banyak aktor terkenal seperti Cut Mini Theo, Christoffer Nelwan, Indah Permatasari dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, film ini terpilih diputar di beberapa Festival Film Internasional dan berganti judul Emma (yang berarti Ibu).

Bird Box (2018)

Bird box
Poster film Bird Box. Foto: noset

Kisah perjuangan ibu lainnya tertuang dalam film bergenre horor dan fiksi ilmiah yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Josh Malerman.

Disutradarai oleh Susanne Bier dan ditulis oleh Eric Heisserer, film ini menceritakan perjalanan Malorie (Sandra Bullock), seorang calon Ibu bersama dua anak tak bernama Girl dan Boy, harus bertahan hiduo dengan menutup mata dari aksi teror tak kasat mata akibat serangan misterius.

Berdurasi 124 menit, film ini hadirkan perjuangan Malorie yang melahirkan ditengah kehancuran duni, beserta dua anak yang harus ia jaga.

Editor


Komentar
Banner
Banner