News

Referensi Motor Listrik di Indonesia, Harga Segini Tanpa Perlu Isi BBM

apahabar.com, JAKARTA – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mengundang banyak reaksi di kalangan masyarakat. Tak…

Featured-Image
Solusi Kenaikan Harga BBM di Indonesia, Rekomendasi 5 Motor Listrik Beserta Harga September 2022. (Foto: dok. apahabar.com/DF)

bakabar.com, JAKARTA – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mengundang banyak reaksi di kalangan masyarakat. Tak sedikit yang bereaksi negatif, karena semuanya bakal menjadi lebih mahal.

Tidak sedikit pula dari masyarakat Indonesia yang memilih untuk beralih ke motor listrik sebagai cara alternatif atau solusi dari kenaikan BBM.

Tentunya yang menjadi salah satu pertanyaan adalah berapa kisaran harga motor listrik saat ini dan motor apa saja yang menjadi rekomendasi? Karena motor listrik merupakan kendaraan yang terbilang cukup baru di Tanah Air.

Harga dari kendaraan listrik beroda dua ini sebenarnya cukup beragam, mulai dari di bawah Rp10 juta tapi ada juga yang sampai ratusan juta.

Redaksi apahabar sudah merangkum rekomendasi motor listrik beserta harganya saat ini per September 2022.

1. Gesits

Gesits menjadi motor listrik pertama yang patut dilirik di Indonesia. Gesits mengklaim, motor listriknya setara dengan skuter berbahan bakar bensin yang banyak beredar di Indonesia.

Motor listrik Gesits dibekali motor Permanent Magnet Synchronous Motor berpendingin udara yang disalurkan melalui transmisi Pulley Belt.

Gesits memiliki baterai Li-NCM 72Volt 20Ah. Tenaga maksimalnya bisa mencapai 6,7 daya kuda dengan torsi maksimal 30 Nm.

Akselerasi 0-50 km/jam Cuma butuh 5 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 70 km/jam. Dengan satu baterai, motor listrik Gesits bisa menempuh jarak 50 km. Jika membawa dua baterai daya jangkaunya bertambah menjadi 100 km.

Motor kece ini dibanderol dengan harga Rp28,9 juta on the road DKI Jakarta.

2. Volta 401

Untuk motor listrik kedua ada Volta 401. Skuter listrik ini sudah beredar cukup banyak loh di Indonesia.

Volta dibekali baterai 60V 23 Ah dan motor 1.500 watt. Daya jangkaunya mencapai 60 km sekali ngecas full.

Selain itu, pengisian dayanya hanya membutuhkan waktu 6-8 jam saja. Kecepatan tertingginya 60 km/jam. Motor listrik Volta memiliki daya angkut sampai 200 kg.

Harganya mulai dari Rp15,7 juta, on the road DKI Jakarta.

3. Alva One

img2

Motor listrik Alva One jadi solusi kenaikan BBM di Indonesia. (Foto: dok. bakabar.com/AD)

Motor selanjutnya adalah pemain baru di kelas sepeda motor listrik Alva One. Pada acara GIIAS 2022 lalu, motor ini cukup menarik perhatian para pengunjung dengan desainnya yang sporty beserta tagline yang catchy Change The Game bersama Alva One.

Alva One dibekali tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport. Setiap modenya dapat memberikan performa yang efektif sesuai tingkat kecepatan yang diinginkan, dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam, 70 km/jam, dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 km/jam.

Dibekali dengan torsi 46,5 Nm dan kecepatan tinggi, motor ini dapat menjangkau jarak tempuh sesuai dengan kebutuhan pengendara, dan mampu menempuh jarak sejauh 70 km.

"Alva memiliki visi untuk menciptakan sebuah ekosistem yang mampu menjadi solusi menyeluruh bagi konsumennya," ujar Putu Yudha, Chief Business Officer Ilectra Motor Group (IMG) kepada apahabar.

Seorang pengunjung bernama Putra juga berkesempatan mencoba motor ini pada area EV Test Track di pameran GIIAS 2022 lalu.

Ia menilai motor ini sangat ringan dan nyaman untuk dikendarai. Untuk harga dari motor Alva One sendiri dibanderol Rp34.99 juta on the road di DKI Jakarta.

4. United T-1800

Motor listrik selanjut adalah United T-1800 CM yang dibekali dua unit baterai dengan klaim jarak tempuh maksimal 130 km.

Motor listrik ini juga dilengkapi dengan 3 kecepatan yang bisa disesuaikan, yaitu 50 km/jam, 60 km/jam dan 70 km/jam.

Selain itu, desain yang ditawarkan oleh United T-1800 tidak kalah keren dari motor berbahan bakar bensin. Soal harga, motor listrik ini dijual mulai dari harga Rp28,5 juta.

5. Viar Q1L

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan motor listrik yang satu ini. Ya, Viar Q1 merupakan salah satu motor listrik buatan Indonesia yang pertama kali muncul.

Saat ini, Viar menjajakan motor listrik New Q1L. Motor listrik ini dibekali baterai 60V 23Ah dengan motor penggerak BLDC 800W. Kecepatan maksimalnya kurang lebih 60 km/jam dengan jarak tempuh 60 km.

Viar juga menjual double battery sistem (baterai tambahan yang dijual terpisah) untuk menambah daya jangkau motor listrik ini.

Kini, untuk varian Viar Q1L dijual mulai dari Rp21,5 juta. Cukup masuk akal ya harganya.

Reporter: Adit



Komentar
Banner
Banner